Chaves Menang di Port Aine, Yates Bertahan di Puncak GC

Esteban Chaves (Team BikeExchange) akhirnya naik podium lagi. Pembalap asal Kolombia tersebut menang di Etape 4 Volta a Catalunya, Kamis (25/3) malam. Ini adalah kemenangan pertamanya dalam dua tahun. Sekaligus yang perdana untuk Team BikeExchange musim ini.

Chaves kali terakhir menjadi pemenang di Etape 19 Giro d'Italia 2019. Selepas itu ia menjadi spesialis nyaris. Sering masuk sepuluh besar, tapi tidak pernah naik podium. Penantian itu berbuah manis lewat kemenangan di Spanyol.

"Saya sangat senang. Saya tidak pernah memulai musim dengan perasaan yang begitu baik dan menang seperti ini. Ini adalah kemenangan WorldTour untuk tim, dan kemenangan pertama sebagai BikeExchange, jadi saya sangat senang," ucap Chaves selepas lomba.

Sebelum mengusung nama Team BikeExchange, tim ini dikenal dengan Mitchelton-Scott. Pandemi Covid-19 membuat kondisi tim asal Australia itu mengalami krisis keuangan. Bahkan sempat berganti nama menjadi Manuela Fundación sebelum kesepakatan itu akhirnya batal.

Kekuatan tim juga sedikit tereduksi ketika lima pembalap memutuskan hengkang. Salah satunya adalah Adam Yates yang kini memperkuat Ineos Grenadiers. Sebagai gantinya mereka merekrut Michael Matthews yang habis kontrak di Sunweb (Team DSM).

"Kami telah bekerja sangat keras. Saya mengalami beberapa bulan dan tahun yang sulit. Akan tetapi, tim telah banyak membantu saya, seperti halnya keluarga saya dan pacar saya. Jadi ini adalah kepuasan yang luar biasa," sebut pembalap 31 tahun itu.

Etape 4 ini menuntun pembalap menyusuri rute sepanjang 166,5 kilometer. Ada tiga tanjakan berat yang harus ditaklukkan. Termasuk dua tanjakan Hors catégorie (HC) di Port del Canto dan garis finis di puncak Port Aine. Chaves mengaku hapal rute ini karena ia tinggal di Andorra, sekitar 100 kilometer dari Port Aine.

"Saya tahu ini adalah etape yang sangat sulit. Tapi saya ingin mencoba sesuatu. Saya tidak mau rugi. Ada angin sakal dan itu berisiko. Tapi pada akhirnya segalanya menjadi sangat baik. Saya memiliki kaki yang hebat dan merasa baik," katanya bangga.

Adam Yates belum tergusur dari puncak General Classification (GC) 

Chaves menang setelah menyerang kurang di tujuh kilometer. Tiga pembalap Ineos Grenadiers, yakni Richie Porte, Geraint Thomas, dan Adam Yates mencoba mengejarnya. Namun mereka gagal menghentikan laju Chaves. Michael Woods (Israel Start-up Nation) finis kedua dan Thomas di posisi ketiga.

"Kemenangan ini memberi saya kepercayaan diri dan ketenangan. Saya telah bekerja dengan sangat teliti dan pekerjaan itu mulai membuahkan hasil. Kemenangan selalu indah dan istimewa," bilangnya.

Rute Etape 5 Volta a Catalunya

Selanjutnya, balapan berlanjut di Etape 5. Para pembalap akan bertarung di rute sepanjang 201,1 kilometer Balapan berlangsung mulai dari La Pobla de Segur dan finis di Manresa. Port de Monserrat menjadi tanjakan terberat. Tanjakan Kategori 1 ini memiliki panjang 7,5 kilometer dengan gradien 6,7 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Volta a Catalunya 2021 (Top Ten)
1. Esteban Chaves (Kolombia), Team BikeExchange 4 jam 29 menit 47 detik
2. Michael Woods (Kanada), Israel Start-up Nation +7
3. Geraint Thomas (Inggris Raya), Ineos Grenadiers +7
4. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +7
5. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +7
6. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +7
7. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +7
8. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +7
9. Nairo Quintana (Kolombia), Team Arkea-Samsic +7
10. Lucas Hamilton (Australia), Team BikeExchange +7

General Classification usai 4 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers 14 jam 14 menit 15 detik
2. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +45
3. Geraint Thomas (Inggris Raya), Ineos Grenadiers +49
4. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +1:03
5. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +1:03
6. Esteban Chaves (Kolombia), Team BikeExchange +1:04
7. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +1:07
8. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +1:20
9. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +1:29
10. Simon Yates (Inggris) Team BikeExchange, +1:32

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 37

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Bettini Photo, Getty Images, La FlammeRouge


COMMENTS