Adam Yates Menang dan Ambil Alih Puncak GC

Ineos Grenadiers mendapatkan dua kemenangan beruntun di Volta a Catalunya 2021. Setelah Rohan Dennis memenangkan Etape 2, kini giliran pembalap anyar Adam Yates yang naik podium di Etape 3, Rabu (24/3) tengah malam. Yates finis pertama setelah menaklukkan tanjakan Hors catégorie (HC) di Vallter 2000.

Etape 3 merupakan salah satu tahapan terberat di balapan yang berlangsung selama tujuh hari itu. Panjang rutenya 203 kilometer. Berangkat dari Canal Olimpic de Catalunya, pembalap harus menanjak menuju Vallter 2000 yang memiliki elevasi 2.125 meter dan gradien rata-rata 7,5 persen.

Berbeda dengan tim-tim lainnya, Ineos Grenadiers memiliki banyak opsi pembalap untuk menang di Etape 3 ini. Selain Yates, ada pula Geraint Thomad, Richie Porte, dan Richard Carapaz. Tiga dari keempat nama ini berhasil finis sepuluh besar di Etape 3.

Balapan dibuka dengan sembilan pembalap yang melakukan breakaway di sepuluh kilometer setelah start. Setelah mendominasi sepanjang lomba, kesembilan nama ini mulai tercecer ketika nanjak ke Vallter 2000. Balapan baru "dimulai" saat Alejandro Valverde (Movistar) melaju di sepuluh kilometer terakhir.

Aksi pembalap kawakan asal Spanyol ini memacu Simon Yates (Team BikeExchange), Giulio Ciccone (Trek-Segafredo), dan Nairo Quintana (Arkea-Samsic) untuk ikut menyerang. Adam Yates baru unjuk gigi di lima kilometer pamungkas. Ia menyerang bersama Sepp Kuss (Jumbo-Visma).

Kemenangan di Etape 3 membawa Adam Yates ke puncak General Classification  

Adam Yates meningkatkan kecepatannya di 1,8 kilometer menuju finis. Ia melaju sendirian dan berhasil finis pertama dengan catatan waktu 5 jam 58 detik. Esteban Chaves (Team BikeExchange) dan Valverde finis kedua dan ketiga di Etape ini.

"Pada akhirnya saya memiliki momentum dan kecepatan yang cukup untuk mencapai finis. Saya ditempel Kuss dan Alejandro. Tapi saya berhasil meninggalkan mereka. Ini kemenangan pertama saya untuk tim dan saya sangat senang," ucap Adam Yates seusai balapan.

Benar, Volta a Catalunya adalah balapan keduanya sebagai bagian dari tim Ineos Grenadiers. Sebelumnya, Yates tampil di UAE Tour 2021 dan finis kedua di belakang Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) di General Classification.

Rute Etape 4 Volta a Catalunya 2021

Berikutnya, Etape 4 akan menghadirkan rute yang lebih berat. Ada tiga tanjakan yang harus ditaklukkan. Pembalap langsung bertemu tanjakan Kategori 1 di Port de Toses, 32 kilometer setelah start. Kemudian mereka harus menaklukkan tanjakan Port del Canto. Panjangnya 24,7 kilometer dengan gradien 4,4 persen.

Finisnya di puncak Port Aine. Ini adalah tanjakan HC sepanjang 18,4 kilometer dengan gradien rata-rata 6,7 persen. Etape 4 di Volta a Catalunya 2021 akan menempuh rute sepanjang 166,5 kilometer. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 Volta a Catalunya 2021 (Top Ten)
1. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers 5 jam 58 detik
2. Esteban Chaves (Kolombia), Team BikeExchange +13
3. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +19
4. Geraint Thomas (Inggris Raya), Ineos Grenadiers +31
5. Harm Vanhoucke (Belgia), Lotto Soudal +31
6. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +31
7. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +31
8. Michael Woods (Kanada) Israel Start-up Nation +36
9. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +36
10. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +36

General Classification usai 3 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers 9 jam 44 menit 21 detik
2. Richie Porte (Australia), Ineos Grenadiers +45
3. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +49
4. Geraint Thomas (Inggris Raya), Ineos Grenadiers +53
5. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +1:03
6. Alejandro Valverde (Spanyol), Movistar +1:04
7. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +1:14
8. Simon Yates (Inggris) Team BikeExchange, +1:21
9. Esteban Chaves (Kolombia), Team BikeExchange +1:21
10. Brandon McNulty (Amerika Serikat), UAE Team Emirates +1:24

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 37

Foto: Getty Images, La Flamme Rouge


COMMENTS