Bennett Menang Lagi, Roglic Menguasai Jersey Kuning

Sam Bennett (Deceuninck-QuickStep) menang lagi di Paris-Nice 2021. Kali ini pembalap Irlandia itu finis tercepat di Etape 5, Kamis (11/3) malam. Ini adalah kemenangan keduanya setelah etape pembuka lalu. Sementara itu, Primoz Roglic belum tergusur dari puncak General Classification (GC).

Etape 5 ini menjadi santapan empukpara sprinter. Balapan sepanjang 200,2 kilometer, dari Vienne ke Bollene, didominasi oleh rute datar. Hanya ada satu tanjakan Kategori 3 di Cote de Saint-Restitut, 34 kilometer menjelang finis.

Tanpa duo Ineos Grenadiers Richie Porte dan Tao Geoghegan Hart, serta Soren Kragh Andersen (Team DSM) dan enam pembalap lainnya yang sudah angkat kaki, tersisa 152 pembalap di peleton. Mereka menyatu di rombongan besar hingga 100 kilometer pertama.

Manuver pertama terjadi ketika sebelas pembalap, yang semuanya berasal dari Belgia, coba meningalkan peloton di sisa 72 kilometer. Sayang mereka tertangkap pada lima kilometer berikutnya.

Nasib malang menimpa Primoz Roglic dan rekan setimnya di Jumbo-Visma Tony Martin. Mereka mengalami crasi di 35 kilometer menjelang finis. Kabar baiknya, Roglic tidak mengalami masalah dan bisa melanjutkan lomba. Tapi Martin tampak meringis kesakitan dan terpaksa meninggalkan Paris-Nice 2021.

Tim-tim mulai menata kereta cepatnya di lima kilometer terakhir. Deceuninck-QuickStep, Trek-Segafredo, dan Bora-Hansgrohe mengatur pace rombongan pembalap di belakangnya. Michael Morkov (Deceuninck-QuickStep) maju dengan Bennett berada di belakangnya.

Bennett mulai bekerja di 200 meter terakhir. Nacer Bouhanni (Arkea-Samsic) dan Pascal Ackermann (Bora-Hansgrohe) coba menjangkaunya. Tapi mereka tidak cukup cepat untuk menyalip pembalap Irlandia itu. Bennett jadi yang pertama menyentuh gars finis.

Bennett mengatakan, kemenangan di Etape 5 ini untuk menebus kegagalan di Etape 2 lalu. Setelah finis pertama di Etape 1, Bennett dijagokan menang sprint di Etape 2. Namun ia kalah dari Cees Bol (Team DSM) dan harus puas finis kelima.

"Kali ini semuanya berjalan dengan sempurna. Saya tahu kilometer final akan sulit. Saya tidak yakin akan bertahan sampai akhir. Tapi orang-orang melakukan pekerjaan yang luar biasa. Saya bangga bisa menyelesaikannya," ucapnya selepas balapan.

Hasil lomba di Etape 5 tidak menggoyahkan posisi Roglic di puncak GC. Jawara La Vuelta a Espana 2020 itu unggul 31 detik atas pesaing terdekatnya, Maximilian Schachmann (Bora-Hansgrohe).

Sementara itu. Etape 6 akan membawa peloton melalui wilayah Alpes Maritimes dengan serangkaian tanjakan di tengah rute. Balapan sepanjang 202,4 kilometer itu akan dimulai di Brignoles dan finis di Biot. Tahapan ini diyakini akan menjadi santapan empuk Primoz Roglic. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Paris-Nice 2021 (Top Ten)
1. Sam Bennett (Irlandia), Deceuninck-QuickStep 5 jam 16 menit 1 detik
2. Nacer Bouhanni (Prancis), Arkea-Samsic +0
3. Pascal Ackermann (Jerman), Bora-Hansgrohe +0
4. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain Victorious +0
5. Giacomo Nizzolo (Italia), Qhubeka Assos +0
6. Alexander Kristoff (Norwegia), UAE Team Emirates +0
7. Bryan Coquard (Prancis), B&B Hotels p/b KTM +0
8. Christophe Laporte (Prancos), Cofidis +0
9. Rudy Barbier (Prancis), Israel Start-up Nation +0
10. Danny van Poppel (Belanda), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0

General Classification usai 5 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 18 jam 42 menit 41 detik
2. Maximilian Schachmann (Jerman), Bora-Hansgrohe +31
3. Brandon McNulty (Amerika Serikat), UAE Team Emirates +37
4. Ion Izagirre (Spanyol), Astana-Premier Tech +40
5. Aleksandr Vlasov (Rusia), Astana-Premier Tech +41
6. Matteo Jorgenson (Amerika Serikat), Movistar +58
7. Tiesj Benoot (Belgia), Team DSM +1:05
8. Lucas Hamilton (Australia), Team BikeExchange +1:09
9. Luis Leon Sanchez (Spanyol), Astana-Premier Tech +1:11
10. Pierre Latour (Prancis), Total Direct Energie +1:12

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 35

Foto: Getty Images


COMMENTS