Sam Bennett Rebut Yellow Jersey Pertama

Etape 1 balapan Paris-Nice 2021 menjadi milik Sam Bennett. Pembalap Irlandia yang tergabung dalam skuad Deceuninck-QuickStep ini finis pertama setelah menang sprint di Saint-Cyr-L'École pada Minggu (8/3) malam waktu Indonesia. Ini adalah kemenangan keempatnya di ajang ini.

Balapan berlangsung di rute sejauh 165,8 kilometer. Start dan finisnya di Saint-Cyr-L'École. Ketika lomba baru berlangsung 15 kilometer, Fabien Doubey (Total Direct Energie) melakukan breakaway sendirian. Peloton tak memberi respons sedikitpun. Mereka membiarkan pembalap Prancis itu sendirian di depan.

Fabien Doubey (Total Direct Energie)

Setelah memimpin hingga lebih dari lima menit, Doubey akhirnya dikejar sekelompok kecil pembalap, seperti Stefano Oldani (Lotto Soudal), Chris Lawless (Total Direct Energie), Anthony Perez (Cofidis), dan Philippe Gilbert (Lotto Soudal). Kelompok ini kemudian tertangkap peloton di 27 kilometer terakhir.

Selepas itu, Soren Kragh Andersen (Team DSM), Edward Theuns (Trek-Segafredo), bersama lima pembalap lainnya coba melarikan diri dari peloton. Aksi mereka terhenti setelah intermediate sprint kedua di Châteaufort. Kemudian seluruh pembalap tergabung di grup besar di sepuluh kilometer pamungkas.
Tim-tim mulai menata kereta cepatnya di kilometer final. Pascal Ackermann (Bora-Hansgrohe) melepaskan manuver pertama saat balapan tersisa 350 meter. Ketika mendekati garis finis, Bennett yang mengambih celah dari sisi kiri, berhasil finis pertama di etape ini.


"Penyempitan jalan di 500 meter terakhir membuat kondisi sangat rumit. Tapi tim kami bekerja dengan sangat baik," kata pembalap 30 tahun ini selepas balapan seperti yang dilansir Cyclingnews.

Sam Bennett mengenakan yellow jersey sebagai simbol pemuncak General Classification

Bennett kembali memberikan kredit kepada Michael Morkov. Pembalap asal Denmark inilah yang senantiasa mengawal serta membuka ruang baginya agar leluasa menyerang. "Ia lagi-lagi melakukannya dengan sangat tenang," puji Bennett kepada rekan setimnya itu.

Kemenangan di Etape 1 Paris-Nice 2021 adalah yang ketiga untuk Bennett. Sebelumnya, mantan pembalap tim Bora-Hansgrohe ini mencuri dua kemenangan di ajang UAE Tour, akhir Februari lalu. Ia menjadi pembalap Irlandia pertama sejak Stephen Roche pada 1990 yang mengenakan jersey kuning di Paris-Nice.

Richie Porte memutuskan meninggalkan balapan di sembilan kilometer terakhir

Sementara itu, comeback Richie Porte ke tim Ineos Grenadiers tidak berjalan manis bagi pembalap asal Australia. Rider 36 tahun itu mengalami cedera dalam balapan perdananya musim ini. Cedera itu membuatnya gagal finis di Etape 1.

Porte tampak kesakitan saat mengalami kecelakaan di 32 kilometer menjelang finis. Setelah mendapatkan penanganan teknis, Porte sempat melanjutkan balapan. Namun ia memutuskan kembali ke mobil tim di sembilan kilometer terakhir. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Paris-Nice 2021 (Top Ten)
1. Sam Bennett (Irlandia), Deceuninck-QuickStep 3 jam 51 menit 28 detik
2. Arnaud Demare (Prancis), Groupama-FDJ +0
3. Michael Matthews (Australia), BikeExchange +0
4. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +0
5. Tiesj Benoot (Belgia), Team DSM +0
6. Ben Swift (Inggris), Ineos Grenadiers +0
7. Jasper Stuyven (Belgia), Trek-Segafredo +0
8. Jasper Philipsen (Belgia), Alpecin-Fenix +0
9. Bryan Coquard (Prancis), B&B Hotels p/b KTM +0
10. Pascal Ackermann (Jerman), Bora-Hansgrohe +0

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 34

Foto: Getty Images


COMMENTS