Van der Poel Juara Strade Bianche 2021

Setelah insiden patah handlebar di Le Samyn, Mathieu van der Poel berhasil mengakhiri pekan ini dengan luar biasa. Pembalap Alpecin-Fenix tersebut menjuarai Strade Bianche 2021, Sabtu (6/3) malam. Juara dunia cyclocross itu naik podium setelah mengalahkan juara dunia road Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep).

Setelah mengalami perubahan jadwal pada musim lalu, Strade Bianche tahun ini kembali berlangsung di musim semi. Lomba ini panjangnya 184 kilometer. Start dan finisnya di Siena. Ada fitur jalanan kapur yang terbagi di sebelas sektor.

Van der Poel melarikan diri sejak di Le Tolfe, sekitar 12 kilometer menjelang garis akhir di Piazza del Campo di Siena. Tapi ia tak sendirian. Selain ditempel ketat oleh Alaphilippe, Van der Poel juga dibuntuti rider Kolombia Egan Bernal (Ineos Grenadiers).

Ketiga pembalap ini terus bersama hingga kilometer terakhir. Van der Poel meninggalkan dua rivalnya setelah melancarkan serangan di jalanan sempit di Siena, sekitar 600 meter menjelang finis. Kali ini Alaphilippe dan Bernal gagal menjangkaunya di jalanan dengan kemiringan rata-rata 12,4 persen dan maksimal 16 persen itu.

Van der Poel finis pertama dengan keunggulan lima detik atas Alaphilippe dan terpaut 20 detik dari Bernal. "Strade adalah salah satu balapan yang sangat ingin saya menangkan. Sangat keren karena saya dapat memenangkannya hari ini," kata Van der Poel selepas lomba seperti yang dilansir Cyclingnews.

Kemenangan ini sekaligus mengobati hasil mengecewakan yang diperolehnya tahun lalu. Pada debutnya di Strade Bianche 2020, Van der Poel cuma finis ke-12. Tahun ini, dengan tubuh yang lebih prima dan cuaca yang lebih bersahabat, Van der Poel akhirnya jadi juara.

"Saya merasa saya memiliki sesuatu yang tersisa di kaki saya untuk dipakai habis-habisan pada pendakian terakhir. Sungguh menakjubkan dapat menyelesaikannya dengan cara seperti ini," imbuhnya.

Ini adalah kemenangan keduanya musim ini sekaligus yang ketiga untuk Alpecin-Fenix. Sebelumnya, pembalap 26 tahun itu memenangkan Etape 1 UAE Tour 2021. Setelah menuntaskan Strade Bianche, Van der Poel akan tampil di Tirreno-Adriatico yang akan start 10 Maret nanti.

Sementara itu, juara bertahan Wout Van Aert (Jumbo-Visma) tercecer di peringkat empat. Van Aert bersama Thomas Pidcock (Ineos Grenadiers), Michael Gogl (Qhubeka Assos), dan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) gagal memangkas jarak setelah tertinggal di Le Tolfe.

"Finis keempat adalah hasil terburuk saya di Strade. Tentu saja saya ingin menang, tapi mustahil dilakukan hari ini. Jika saya bisa menjadi lebih baik, maka kami akan menjalani musim klasik yang bagus," aku Van Aert seperti yang dilansir Sporza. (mainsepeda)

Hasil Strade Bianche 2021 (Top Ten)
1. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix 4 jam 40 menit 29 detik
2. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep +5 detik
3. Egan Bernal Gomez (Kolomboa), Ineos Grenadiers +20
4. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +51
5. Thomas Pidcock (Inggris), Ineos Grenadiers +54
6. Michael Gogl (Austria), Qhubeka Assos +54
7. Tadej Pogacar (Slovenia, UAE Team Emirates +54
8. Simon Clarke (Australia), Qhubeka Assos +2:25
9. Jakob Fuglsang (Denmark), Astana-Premier Tech +2:25
10. Pello Balboa (Spanyol), Bahrain Victorious +2:39

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 34

Foto: Getty Images


COMMENTS