Omloop Het Nieuwsblad 2021
Deceuninck-QuickStep Dominan, Ballerini Menang
by - February 27, 2021

Davide Ballerini menutup dominasi Deceuninck-QuickStep di Omloop Het Nieuwsblad 2021 dengan kemenangan. Pembalap asal Italia tersebut menang sprint di Ninove, Sabtu (27/2) malam. Jake Stewart (Groupama FDJ) finis kedua dengan Sep Vanmarcke (Israel Start-Up Nation) menghuni tempat ketiga.

Omloop Het Nieuwsblad 2021 adalah one-day race sekaligus opening weekend classics. Balapan berlangsung di rute sepanjang 200,5 kilometer. Start dari Gent dan finis di Ninove. Ajang ini diikuti 175 pembalap dari 19 tim peserta WorldTour dan enam UCI ProTeams.

Profil rute Omloop Het Nieuwsblad 2021

Ketika balapan baru dimulai, lima pembalap mencoba melakukan breakaway. Kelimanya adalah Yevgeniy Federov (Astana Premier-Tech), Ryan Gibbons (UAE Team Emirates), Kenny De Ketele (Sport Vlaanderen-Baloise), Bert De Backer (B&B Hotels p/b KTM) dan Matis Louvel (Arkea Samsic).

Mereka sempat meninggalkan rombongan besar dengan gap lebih dari delapan menit. Gap ini terpangkas menjadi dua menit di sisa 65 kilometer. Matteo Trentin (UAE Team Emirates) mulai berakselerasi menuju tanjakan Mollenberg, sekitar 43 kilometer menjelang finis.

Aksinya memicu reaksi dari sekelompok pembalap seperti Greg Van Avermaet (AG2R Citroen), Michael Gogl (Qhubeka Assos), Arjen Livyns (Bingoal-Wallonie Bruxelles), Chirstophe Laporte (Cofidis), Vanmarcke, serta trio Deceuninck-QuickStep, yakni Julian Alaphilippe, Zdenek Stybar, Davide Ballerini.

Juara dunia 2020, Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep)

Mereka berhasil menangkap kelompok breakaway di sisa 40 kilometer. Tak berselang lama, Tom Pidcock (Ineos Grenadiers) pun turut bergabung dengan rombongan terdepan. Sang juara dunia Julian Alaphilippe menyerang di tanjakan berikutnya di Berendries. Ia sempat meninggalkan grupnya dengan selisih 20 detik.

Pembalap asal Prancis itu berhasil ditangkap saat menanjak di Muur, 18 kilometer menjelang finis. Tim-tim mulai mengatur kereta cepatnya di lima kilometer akhir. Deceuninck-QuickStep mengendalikan peloton dengan empat pembalap di garis depan. Mereka mempersiapkan ruang bagi Ballerini untuk melakukan sprint di garis akhir.

Tim asal Belgia itu masih memimpin grup di tikungan terakhir dengan Florian Senechal di posisi terdepan dan Ballerini berada tepat di belakangnya. Ballerini tancap gas di 150 meter pamungkas. Ia berhasil menunaikan tugasnya dengan sempurna dengan finis pertama di ajang ini.

"Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan," katanya. "Ini adalah opening weekend classics. Ini balapan klasik yang sangat besar. Saya menyukainya dan saya mencintai tim ini. Ini adalah mimpi sejak saya masih bayi, ketika saya pertama kali melihat balapan di televisi," ungkapnya seperti yang dilansir Velonews.

Kemenangan tersebut merupakan yang ketiga bagi sprinter 26 tahun ini. Sebelumnya, mantan pembalap Astana ini meraih dua kemenangan etape di Tour de la Provence pada pertengahan Februari ini. Ballerini mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara karena memastikan Omloop Het Nieuwsblad 2021 tetap digelar tahun ini.

"Saya tahu pandemi ini tidak mudah untuk semua orang. Saya ucapkan selamat kepada penyelenggara untuk balapan yang indah ini. Mari kita pertahankan seperti ini," ucapnya. (mainsepeda)

Hasil Omloop Het Nieuwsblad 2021 (Top Ten)
1. Davide Ballerini (Italia), Deceuninck-QuickStep 4 jam 43 menit 3 detik
2. Jake Stewart (Inggris), Groupama-FDJ +0
3. Sep Vanmarcke (Belgia), Israel Start-up Nation +0
4. Heinrich Haussler (Australia), Bahrain Victorious +0
5. Philippe Gilbert (Belgia), Lotto Soudal +0
6. Alex Aranburu (Spanyol), Astana-Premier Tech +0
7. Florian Senechal (Prancis), Deceuninck-QuickStep +0
8. Matteo Trentin (Italia), UAE Team Emirates +0
9. Kévin Geniets (Luxembourg), Groupama-FDJ +0
10. Nils Politt (Jerman), Bora-Hansgrohe +0

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 33

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS