Barang-Barang yang Disiapkan untuk Bike to Work
by - February 24, 2021
Barang-Barang yang Disiapkan untuk Bike to Work
by MainSepeda - February 24, 2021

Bike to work tak perlu ribet. Begitu kata Ketua Bike to Work (B2W) Indonesia Poetoet Soedarjanto. Bersepeda ke tempat kerja tak harus membawa semua barang kebutuhan di tas atau sepeda. Namun, menurut Poetoet, ada sejumlah barang atau alat yang harus dipersiapkan saat gowes ke kantor.

Barang pertama yang wajib dibawa adalah perlengkapan standar bersepeda. Mulai dari ban dalam cadangan, pompa, serta berbagai kunci atau alat sebagai antisipasi jika terjadi masalah di perjalanan. Kalau rutenya gelap, misalnya berangkat pagi sekali atau pulang malam, sepeda harus dilengkapi lampu depan dan belakang.

"Barang-barang lain seperti sarung tangan atau helm itu pilihan. Bila merasa perlu, pakai saja. Tapi saran saya lebih baik pakai sarung tangan dan helm. Selain lebih nyaman, juga lebih aman," kata Poetoet.

Barang kedua adalah pakaian. Ada dua jenis, kostum dipakai saat gowes dan yang dikenakan di tempat kerja. Untuk kostum gowes, Poetoet menyarankan menggunakan jersey sepeda, atau pakaian jenis lainnya yang nyaman dan cepat kering.

BACA JUGA: 3 Tips untuk Cyclist yang akan Bike to Work

Baju ganti atau pakaian yang dikenakan di kantor bisa disimpan di tas. Tapi tak harus dibawa setiap hari. "Caranya, siapkan baju cadangan di kantor. Bisa ditempatkan di meja kerja kita atau di loker. Atau, simpan baju di mobil atau kendaraan kita yang diparkir atau diinapkan di kantor," terang cyclist asal Madiun itu.

Jika mengenakan celana panjang yang tidak slim fit, jangan lupa untuk mengikat bagian bawah celana sebelah kanan. Tujuannya agar celana kita tidak menyangkut di gir. Karena sekarang masih musim hujan, siapkan pula peralatan tambahan seperti jas hujan.

Barang ketiga adalah peralatan mandi. Seperti halnya pakaian, alat mandi juga tak perlu dibawa bolak-balik setiap hari. Cukup disimpan di tempat kerja. Lalu, bagaimana dengan baju yang digunakan saat gowes atau handuk yang dipakai setelah bersih diri?

"Bisa dijemur di balkon jika kantornya memiliki balkon. Bisa juga dengan mendekati satpam, cleaning service, atau pengelola gedung, supaya bisa titip jemur di tempat mereka. Jika bajunya dry fit, proses keringnya tak akan lama," imbuh Poetoet.

Karena pandemi Covd-19 belum usai, Poetoet mengimbau untuk tetap menggunakan masker. "Menggunakan masker itu memiliki dua manfaat. Pertama untuk menahan polusi, kedua untuk menghindari droplet. Jangan lupa gunakan kacamata. Bukan untuk bergaya, tapi untuk melindungi mata dari debu," tuturnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 33

Foto: Getty Images


COMMENTS