Movistar Bentuk Tim Esports

Kontestan WorldTour asal Spanyol, Movistar sedang membangun tim baru. Bukan untuk balapan jalan raya, skuad ini akan dipersiapkan untuk berlaga di balapan-balapan virtual. Movistar tengah mencari lima pembalap putra dan lima pembalap putri untuk tim esports-nya.

Pandemi ini membuat bersepeda virtual makin digemari di kalangan cyclist. Apalagi banyak event balap yang menggelar balapan virtual. Termasuk Tour de France. Tak cuma itu saja, Union Cycliste Internationale (UCI) baru saja melangsungkan Kejuaraan Dunia Esports Bersepeda pada Desember tahun lalu.

Perkembangan olahraga balap sepeda yang merambah ke virtual membuat Movistar membangun skuad esports. Mereka bermitra dengan Zwift untuk membuat Movistar Team Challenge. Ini adalah serangkaian empat putaran kualifikasi balap virtual yang akan membantu tim menemukan sepuluh pembalap untuk Movistar E-Team.

Nantinya, Movistar E-Team akan terdiri dari lima pembalap putra dan lima pembalap putri. Tak hanya itu saja, pembalap terbaik di Movistar Team Challenge juga akan mendapatkan sepeda Canyon seperti yang digunakan oleh tim balap Movistar.

Mereka juga mendapatkan trainer Elite Direto XR edisi Movistar, kit Movistar lengkap, termasuk pakaian kasual Le Coq Sportif, helm Abus, dan kacamata 100%, serta pilihan teknologi termasuk bike computer Garmin. Mereka juga akan ditemani pelatih, ahli gizi, fisio, dan gabung dengan kamp pelatihan dengan tim Movistar.

Tim asal Spanyol ini telah memilih 300 pembalap berperingkat terbaik yang saat ini berlomba di Zwift untuk ambil bagian di kejuaraan ini. Akan tetapi, Movistar juga menyediakan 12 slot ke masyarakat umum untuk bergabung dengan 300 orang terpilih di atas.

Babak kualifikasi untuk umum akan berlangsung 3 Februari nanti. Balapan ini akan dibagi dalam dua kelas, putra dan putri. Sebanyak 12 orang akan lolos ke babak kedua. Dalam fase kedua ini, ke-12 orang tersebut akan gabung dengan 300 pembalap yang sudah dipilih oleh Movistar.

Nantinya, sebanyak 156 peserta putra dan 156 peserta putri akan dikerucutkan hingga mencapai sepuluh rider terbaik. Kesepuluh orang itu akan dinahbiskan sebagai pembalap Movistar E-Team. Mereka bakal fokus berlaga di Zwift Racing League dan acara esports lainnya.

"Bersepeda virtual adalah peluang besar dan pembuat konten terbaik dalam bersepeda. E-Team Movistar akan memperbesar audiens kami dan "titik kontak" dengan penggemar kami. Kami tidak sabar untuk memulai petualangan ini. Menjadi tim WorldTour pertama yang memiliki E-Team sendiri adalah kesempatan yang luar biasa," ucap Juan Pablo Molinero, Kepala Pemasaran tim Movistar. (mainsepeda)

Foto: Movistar


COMMENTS