Wapres Naidu Ingin Bersepeda Jadi Budaya di India
by - November 29, 2020
Wapres Naidu Ingin Bersepeda Jadi Budaya di India
by MainSepeda - November 29, 2020

Wakil Presiden India Muppavarapu Venkaiah Naidu menyerukan warganya untuk menggiatkan olahraga bersepeda, serta menjadikan sepeda sebagai budaya. Naidu juga menggelontorkan wacana untuk membuat jalur bersepeda eksklusif di sejumlah kota di India.

Naidu menilai bersepeda adalah olahraga yang sehat dan berbiaya rendah. Tak cuma itu saja, bersepeda juga memberikan beberapa manfaat. Selain berdampak ke kesehatan, penggunaan sepeda juga berimbas ke lingkungan yang sehat tanpa polusi.

Baginya, bersepeda merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko terkait dengan gaya hidup "mager" (males gerak.red). Tak cuma itu saja, bersepeda memberikan beberapa manfaat berupa nol ketergantungan pada sumber energi, nol polusi, dan peningkatan kesehatan.

"Selain itu, sepeda dapat memberikan dukungan penting bagi kaum miskin perkotaan dan pedesaan yang tidak memiliki akses ke mobilitas dasar," katanya seperti yang dilansir Press Trust of India (PTI).

Dalam webinar internasional bertajuk "Cycling in the post-COVID world", Naidu mengajak para pemuda, khususnya mahasiswa, untuk ikut bersepeda. Menurutnya, sebagian besar kampus di India telah memiliki ruang yang luas di mana mahasiswa dapat dengan mudah menggunakan sepeda.

Naidu menyatakan, pandemi ini telah memberikan kesempatan langka untuk mempromosikan dan mengintegrasikan bersepeda ke dalam sistem transportasi perkotaan. Untuk itu, ia menyarankan para perencana kota dan pembuat kebijakan untuk membuat jalur sepeda eksklusif.

Seperti lonjakan jumlah pesepeda di negara-negara Eropa, bahkan di Amerika dan Tiongkok, Naidu mengatakan ada potensi besar untuk mempromosikan bersepeda di India. Syaratnya, harus disediakan infrastruktur yang diperlukan. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 23

Foto: Adnan Abidi/Reuters


COMMENTS