Tour Down Under 2021 Resmi Dibatalkan

Tour Down Under (TDU) tidak akan digelar pada 2021 nanti. Pandemi Covid-19 di dunia yang belum mereda menjadi alasannya. Sebagai gantinya, penyelenggara akan mengadakan festival sepeda domestik di wilayah Adelaide dan kawasan Australia Selatan tahun depan.

TDU merupakan acara penting bagi Australia Selatan sekaligus yang terbesar di Australia. Balapan ini digelar rutin sejak 1999 silam. TDU selama ini selalu menjadi event pembuka dari kalender UCI WorldTour. Tahun lalu balapan ini dimenangkan Richie Porte (Trek–Segafredo).

Selebrasi Richie Porte saat menjuarai Tour Down Under 2020

Direktur Eksekutif Events South Australia Hitaf Rasheed menjelaskan, TDU merupakan event penting di daerahnya. Karena alasan itulah mereka telah melakukan segalanya agar TDU tetap berlangsung sesuai jadwal, yakni 14-24 Januari 2021 mendatang.

"Kami telah bekerja dengan pemangku kepentingan kami, dinas kesehatan, dan kepolisian untuk membuat strategi yang sukses untuk membawa acara internasional ini ke Australia Selatan," kata Rasheed dalam keterangan resminya, Minggu (1/11).

Akan tetapi, mempertimbangkan kerumitan serta risiko terkait karantina, juga pembatasan penerbangan internasional serta beragam faktor lainnya, membuat pihaknya memutuskan untuk meniadakan TDU tahun depan.

"TDU tidak akan digelar pada 2021. Tapi kami menjamin semua orang akan kembali ke Australia Selatan saat dimulainya kalender bersepeda dunia UCI pada Januari 2022 nanti. Tentu dengan dukungan penuh dari UCI," imbuhnya.

Race Director TDU Stuart O'Grady mengaku kecewa dengan pembatalan ini. Namun ia sadar bahwa kesehatan dan keselatan warna Australia Selatan serta seluruh tim, staf, dan semua yang terlibat di balapan, harus didahulukan.

"Kami sangat terpukul karena tidak tidak dapat menyelenggarakan Tour Down Under pada Januari nanti. Namun tim kami telah mengerjakan skenario kedua, yakni festival bersepeda domestik," ungkapnya.

Kekecewaan juga dirasakan Kimberly Conte, Race Director Women's TDU. "TDU secara historis bertindak sebagai batu loncatan bagi beberapa atlet muda kami yang paling menjanjikan. Festival ini akan menawarkan kesempatan unik untuk menampilkan pebalap muda berbakat kami," bilangnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 20

Foto: Tour Down Under, Getty Images


COMMENTS