Menang Photo Finish, Mathieu Van der Poel Juara Tour of Flanders
by - October 18, 2020

Dua unggulan utama benar-benar bertarung sampai centimeter terakhir di balapan terbesar Belgia, Tour of Flanders, Minggu (18 Oktober). Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) menang adu sprint tipis atas Wout Van Aert (Jumbo-Visma), di penghujung balapan 244 km tersebut.

Saking tipisnya, photo finish menentukan siapa jadi juara.

Tour of Flanders merupakan salah satu one-day race terbesar di dunia. Bahkan termasuk salah satu dari lima Monument, alias balapan-balapan sehari paling bergengsi.

Biasanya, balapan ini masih kalah heboh (sedikit) dari Paris-Roubaix. Tapi karena Paris-Roubaix tahun ini dibatalkan gara-gara pandemi, Flanders pun jadi balapan "Cobbled Classic" (jalanan berbatu) terbesar 2020.

Lomba ini memang sangat berat. Tidak ada pegunungan, tapi para pembalap harus melewati rute jalanan pedesaan, menaklukkan sejumlah Hellingen alias tanjakan pendek curam berbatu. Salah satu yang terberat adalah Paterberg, yang kemiringannya sampai 20 persen, dan harus dilewati dua kali. Terakhir hanya beberapa km sebelum finis.

Memasuki lomba ini, Van der Poel (Belanda) dan Van Aert (Belgia) merupakan dua unggulan utama. Duo mantan juara dunia cyclocross yang menggemparkan arena WorldTour. Beberapa bulan lalu, Van Aert lebih dulu bikin heboh, memenangi balapan Monument lain, Milan-San Remo. Plus kemenangan etape di Tour de France.

Di Flanders, keduanya mampu melarikan diri dari kelompok unggulan sekitar 40 km sebelum finis, di penghujung tanjakan Koppenberg. Semestinya mereka ditemani oleh sang juara dunia 2020, Julian Alaphilippe (Elegant-QuickStep).

Namun, sekitar 35 km sebelum finis, Alaphilippe menyenggol motor penyelenggara lomba. Dia terjatuh dan tampaknya cedera cukup parah. Alhasil, hanya tersisa Van der Poel dan Van Aert.

Hingga km terakhir, keduanya masih unggul hampir satu menit dari kelompok pemburu. Hingga 300 meter sebelum finis, keduanya masih saling menunggu untuk sprint.

Sekitar 150 meter kemudian, keduanya pun tancap gas. Finis bersebelahan. Foto finish lantas menunjukkan kalau Van der Poel adalah juaranya. Di belakang mereka, Alexander Kristoff (UAE Team Emirates) finis di urutan ketiga.

Kemenangan ini sangat berarti bagi keluarga Van der Poel. Ayah pembalap 25 tahun itu, Adrie, memenangi lomba yang sama pada 1986! (mainsepeda)

Hasil Tour of Flanders 2020 (Top Ten)

1. Mathieu Van der Poel (Belanda) Alpecin-Fenix

2. Wout van Aert (Belgia) Team Jumbo-Visma

3. Alexander Kristoff (Norwegia) UAE Team Emirates

4. Anthony Turgis (Prancis) Total Direct Energie

5. Yves Lampaert (Belgia) Elegant-Quickstep

6. Dimitri Claeys (Belgia) Cofidis

7. Oliver Naesen (Belgia) AG2R la Mondiale

8. Dylan Van Baarle (Belanda) Ineos Grenadiers

9. John Degenkolb (Jerman) Lotto Soudal

10. Tiesj Benoot (Belgia) Team Sunweb

 

Foto-foto: AFP/Getty Images


COMMENTS