Kemenangan Pertama Sang Juara Dunia

Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep) akhirnya mendapatkan kemenangan pertama setelah menyandang status juara dunia. Rider asal Prancis tersebut menjuarai De Brabantse Pijl 2020, Rabu (7/10) malam. Alaphilippe menyisihkan Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) dan Benoit Cosnefroy (AG2R La Mondiale).

De Brabantse Pijl 2020 adalah sebuah one day race kategori 1.Pro yang berlangsung di Belgia. Balapan ini masuk dalam agenda UCI Europe Tour. De Brabantse Pijl 2020 menyusuhkan balapan sepanjang 197 kilometer. Start dari Leuven dan finis di Overijse.

Cosnefroy adalah orang pertama yang meluncurkan sprint, sekitar 200 meter dari garis finis. Akan tetapi pembalap asal Prancis itu tidak dapat mempertahankan kedudukannya setelah disalip Alaphilippe dan Van der Poel.

Alaphilippe hampir saja kehilangan kemenangan seperti di Liège-Bastogne-Liège 2020, 4 Oktober lalu. Pembalap 28 tahun itu melakukan selebrasi terlalu dini. Ia melepaskan tangannya dari handlebar ketika sepedanya belum benar-benar melintasi garis finis.

Dari arah kiri muncul Van der Poel dengan kekecepatan tinggi. Sekilas kedua pembalap tampak finis secara bersamaan. Namun hasil foto finis menegaskan bahwa Alaphilippe lah pemenangnya. Sedangkan Van der Poel harus puas finis kedua.

"Sungguh perasaan yang sangat menyenangkan bisa memenangkan balapan dengan mengenakan rainbow jersey. Bahkan memakainya di pagi hari adalah sesuatu yang istimewa. Jadi meraih kemenangan itu luar biasa," ungkap Alaphilippe seusai balapan.

Victory di De Brabantse Pijl 2020 sekaligus menjadi obat penawar selepas hasil mengecewakan Liège-Bastogne-Liège 2020. Alaphilippe harus kehilangan gelarnya setelah dicuri Primoz Roglic (Jumbo-Visma) tepat di garis finis.

"Saya sangat senang berada di sini (De Brabantse Pijl 2020.red). Saya hanya ingin memberikan yang terbaik dan menikmati jersey saya. Saya membalap seperti itu, saya suka, dan saya sangat senang bisa menang," bilang juara La Flèche Wallonne 2019 itu. (mainsepeda)

Hasil De Brabantse Pijl 2020 (Top Ten)
1. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-QuickStep 4 jam 36 menit 52 detik
2. Mathieu Van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix +0
3. Benoit Cosnefroy (Prancis), AG2R la Mondiale +0
4. Sonny Colbrelli (Italia), Bahrain McLaren +13
5. Warren Barguil (Prancis), Arkea-Samsic +13
6. Michal Kwiatkowski (Polandia), Ineos Grenadiers +13
7. Andrea Bagioli (Italia), Deceuninck-QuickStep +13
8. Anthony Turgis (Prancis), Total Direct Energie +13
9. Alessandro Covi (Italia), UAE-Team Emirates +13
10. Dries Devenyns (Belgia), Deceuninck-QuickStep +13

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 17

Foto: Getty Images, Eurosport, La FlammeRouge


COMMENTS