Giro d’Italia 2020 - Etape 1
Filippo Ganna Rebut Maglia Rosa Pertama
by - October 03, 2020

Filippo Ganna (Ineos Grenadiers) tampil dominan dalam balapan time trial sejauh 15.1 kilometer di etape 1 Giro d’Italia 2020, Sabtu (3/10) malam. Pembalap asal Italia sekaligus juara dunia ITT 2020 itu merebut maglia rosa (pink jersey) pertama di Giro tahun ini.

Giro tahun ini bermakna spesial untuk pembalap 24 tahun tersebut. Sebab Giro tahun ini adalah debutnya di Grand Tour. Kemenangan di etape 1 membuat debutnya semakin spesial. Sebab Ganna mendapatkan pink jersey pertama dalam kariernya.

Penampilan Ganna dalam balapan TT memang luar biasa. Ia menuntaskan balapan TT dari Monreale ke Palermo dengan catatan waktu 15 menit 24 detik. Ganna melampaui catatan dua pesaing terdekatnya, yaitu Joao Almeida (Deceuninck-QuickStep) dan Mikkel Bjerg (UAE-Team Emirates).

"Saya sangat senang. Jersey ini luar biasa bagi saya, dan tim saya juga amat senang. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada mereka atas semua dukungan untuk mengawali Giro dengan merebut pink jersey," katanya selepas balapan.


Performa spektakuler luar biasa Ganna tercium sejak 9,4 kilometer pertama. Ganna adalah satu-satunya pembalap yang melaju di bawah sembilan menit. Ia lebih cepat sebelas detik dari Almeida. Saat pembalap lain kerepotan karena terpaan angin kencang, Ganna justru semakin laju hingga garis finis.

Victor Campenaerts (NTT Pro Cycling)

Cuaca lembab, angin kencang, jalan berminyak, serta turunan yang berkelok dan cepat menyebabkan banyak masalah bagi pembalap. Pemegang UCI Hour Record, Victor Campenaerts (NTT Pro Cycling) sempat jatuh di tengah lomba. Beruntung ia bisa menyelesaikan balapan dan finis di posisi ke-36.

"Jalanan penuh dengan minyak," kata Campenaerts. "Di sini tidak banyak hujan. Jika Anda menggelar sebuah balapan dengan kecepatan 100 km/jam, Anda harus membersihkan jalanan terlebih dulu," kritik Campenaerts untuk penyelenggara Giro.

Miguel Angel Lopez (Astana) menjadi pembalap pertama yang out dari Giro d'Italia 2020

Nasib lebih tragis dialami Miguel Angel Lopez (Astana) yang menabrak penghalang jalan saat balapan. Peringkat keenam di Tour de France 2020 harus tidak bisa melanjutkan balapan. Superman Lopez dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

"Miguel Angel telah dibawa ke rumah sakit untuk observasi lebih lanjut. Kami akan memberikan update kepada Anda segera setelah kami mendapatkan lebih banyak informasi," jelas tim Astana.

Sementara itu, penampilan apik ditunjukkan oleh Geraint Thomas (Ineos Grenadiers). Meski gagal menang di etape 1, Thomas mencuri perhatian karena mampu finis di posisi keempat. Pembalap asal Wales ini menyelesaikan balapan dalam waktu 15:47, atau 24 detik lebih lambat dari Ganna. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Giro d'Italia 2020 (Top Ten)
1. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers 15 menit 24 detik
2. Joao Almeida (Portugal), Deceuninck-QuickStep +22
3. Mikkel Bjerg (Denmark), UAE-Team Emirates +23
4. Geraint Thomas (Inggris Raya), Ineos Grenadiers +24
5. Tobias Foss (Norwegia), Jumbo-Visma +31
6. Josef Cerny (Polandia), CCC +36
7. Matteo Sobrero (Italia), NTT Pro Cycling +41
8. Lawson Craddock (Amerika Serikat), EF Pro Cycling +41
9. Miles Scotson (Australia), Groupama-FDJ +42
10. Matthias Brändle (Austria), Israel Start-Up Nation +42

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 16

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: RCS Sport, Getty Images, Bettini Photo


COMMENTS