Pedersen Juara Etape dan Rebut Green Jersey

Mads Pedersen (Trek-Segafredo) finis pertama di etape 3 BinckBank Tour 2020, Kamis (1/10) malam. Mantan juara dunia ini merebut podium utama setelah menang sprint lawan Jasper Philipsen (UAE-Team Emirates) dan Pascal Ackermann (Bora-Hansgrohe).

Tak ada etape 2 di BinckBank Tour tahun ini. Pandemi Covid-19 di Belanda membuat etape 2 ditiadakan, dan diganti menjadi rest day. Pada etape 3 ini para pembalap harus mengitari Kota Aalter di Belgia dalam tujuh lap. Panjangnya 157 kilometer dengan medan yang benar-benar flat.

Profil rute etape 3 BinckBank Tour 2020

Dua pembalap Alpecin-Fenix Oscar Riesebeek dan Jonas Rickaert, dua rider Total Direct Energie Pim Ligthart dan Adrien Petit, serta Kenneth Van Rooy (Sport Vlaanderen-Baloise) melakukan breakaway di awal balapan. Mereka memimpin hingga 15 kilometer terakhir.

Satu per satu dari mereka mulai copot hingga hanya tersisa Jonas Rickaert sendirian di depan. Akan tetapi, Dominasi Rickaert juga tak bertahan lama. Ia tertelan oleh peloton pada 2,5 kilometer terakhir. Setetah semua pembalap berada di peloton, tim-tim pun mulai menata kereta cepatnya.

Selebrasi Mads Pedersen (jersey merah) setelah finis pertama di etape 3

Adu spint terjadi setelah melewati tikungan terakhir di etape ini. Ackermann menyerang dari sisi kiri dengan Philipsen di belakangnya. Dari arah belakang muncul Pedersen dengan kekuatan penuh. Rider asal Denmark itu berhasil menyalip Ackermann dan Philipsen untuk menjuarai etape ketiga.

"Itu adalah balapan yang sangat hectic. Akan tetapi, tim saya telah bekerja dengan sangat baik. Kami mengambil tanggung jawab kami sejak awal dan saya mampu menyelesaikannya. Itu sangat bagus," kata Pedersen seusai balapan.

Tak sekadar memenangkan etape 3, Pedersen juga mengkudeta Philipsen dari puncak general classification, dan mendapatkan green jersey. Meski kedua pembalap memiliki catatan waktu yang sama, namun Pedersen berhak atas jersey hijau karena meraih hasil lebih baik dari Philipsen di etape 3.

Pedersen mendapatkan green jersey karena memuncaki tabel general classification

Kini Pedersen mempersiapkan diri untuk tampil di etape 4 yang melombakan time trial, Jumat (2/10). Balapan digelar di Riemst, Belgia dengan panjang lintasan 8,1 kilometer. "Jaraknya lebih pendek, dan itu bagus untuk saya," akunya.

Setelah itu, Pedersen akan berusaha mempertahankan posisinya di etape 4, Sabtu (3/10) besok. Panjang rutenya 183.6 kilometer, dari Ottignies-Louvain-la-Neuve ke Geraardsbergen. "Saya akan mencoba mencapai posisi yang bagus di GC," tegas Pedersen. (mainsepeda)

Hasil Etape 3 BinckBank Tour 2020 (Top Ten)
1. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo 3 jam 26 menit 11 detik
2. Jasper Philipsen (Belgia), UAE-Team Emirates +0
3. Pascal Ackermann (Jerman), Bora-Hansgrohe +0
4. Danny Van Poppel (Belanda), Circus-Wanty Gobert +0
5. Tim Merlier (Belgia), Alpecin-Fenix +0
6. Zdenek Stybar (Republik Ceko), Deceuninck-QuickStep +0
7. Christophe Laporte (Prancis), Cofidis +0
8. Florian Senechal (Prancis), Deceuninck-QuickStep +0
9. Lorrenzo Manzin (Prancis), Total Direct Energie +0
10. Sep Vanmarcke (Belgia), EF Pro Cycling +0

General Classification usai 3 etape dari 5 etape (Top Ten)
1. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo 6 jam 25 menit 21 detik
2. Jasper Philipsen (Belgia), UAE-Team Emirates +0
3. Jonas Rickaert (Belgia), Alpecin-Fenix +7
4. Pascal Ackermann (Jerman), Bora-Hansgrohe +8
5. Mike Teunissen (Belanda), Jumbo-Visma +11
6. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix +13
7. Yves Lampaert (Belgia), Deceuninck-QuickStep +13
8. Danny Van Poppel (Belanda), Circus-Wanty Gobert +16
9. Tim Merlier (Belgia), Alpecin-Fenix +16
10. Lorrenzo Manzin (Prancis), Total Direct Energie +16

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 16

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, Bettini Photo, La FlammeRouge


COMMENTS