Egan Bernal Mundur dari Tour de France 2020
by - September 16, 2020
Egan Bernal Mundur dari Tour de France 2020
by MainSepeda - September 16, 2020

Kabar menggemparkan datang dari Egan Bernal (Ineos Grenadiers). Sang juara bertahan memutuskan untuk mundur dari Tour de France 2020. Ineos Grenadiers memastikan bahwa ujung tombaknya tersebut tak akan start di etape 17, Rabu (16/9) malam ini.

Egan Bernal memainkan TdF 2020 sebagai pemimpin absolut di tim Ineos Grenadiers. Sayang, kepercayaan yang diberikan kepadanya tak diimbangi dengan penampilan yang trengginas. Puncaknya terjadi akhir pekan lalu saat Bernal tertinggal lebih dari tujuh menit di Grand Colombier.

Rabu siang, beberapa jam sebelum dimulainya etape 17 yang mematikan dari Grenoble ke Meribel, Ineos Grenadiers mengumumkan bahwa pembalap asal Kolombia berusia 23 tahun itu akan meninggalkan TdF 2020.

"Ia sekarang akan fokus untuk memulihkan diri dari Tour dan menyesuaikan targetnya untuk sisa musim ini," jelas tim asal Inggris tersebut dalam keterangan resminya. Website Ineos Grenadiers pun langsung down akibat pengumuman mundurnya Bernal.

Egan Bernal tercecer di di posisi ke-25 di etape 15 di Grand Colombier

Bos Ineos Grenadiers Dave Brailsford pun menjelaskan duduk perkaranya. "Kami membuat keputusan ini untuk kepentingan Egan. Ia adalah juara sejati yang suka balapan. Ia masih bisa sering mengikuti Tour di masa depan. Saat ini kami pikir adalah bijak jika ia keluar dari balapan," ujarnya.

Egan Bernal sendiri mengaku kecewa karena harus meninggalkan panggung terbesar dalam balap sepeda profesional tersebut. "Jelas, ini bukan bagaimana saya ingin mengakhiri Tour saya. Saya setuju bahwa dalam situasi saat ini adalah keputusan yang tepat. Saya sangat menghormati Tour dan saya sudah menantikan membalap di masa depan," ucapnya.

Performa Bernal di TdF 2020 memang kurang menggigit. Dari 16 etape yang sudah berlangsung, mantan pembalap Androni-Sidermec-Bottecchia ini tak pernah sekalipun menjadi pemenang. Bahkan posisinya di General Classification (GC) pun melorot ke ranking 16. 

Bernal terpaut 19 menit dari Primoz Roglic (Jumbo-Visma). Ia juga gagal bersaing dengan Tadej Pogacar (UAE-Team Emirates). Dengan mundurnya Bernal, maka dua pembalap Slovenia inilah yang akan bersaing ketat untuk menjadi pemenang TdF 2020. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 13

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS