Hirschi Patahkan Rekor Empat Dekade Milik Freuler

Publik Swiss harus menunggu delapan tahun untuk melihat pembalapnya menjuarai etape di Tour de France. Penantian satu windu tersebut tuntas setelah Marc Hirschi (Sunweb) memenangkan etape 12 di TdF 2020, Kamis (10/9) malam.

Hirschi menyelesaikan balapan sejauh 218 kilometer ini dalam waktu 5 jam 8 menit 49 detik. Kemenangan ini sangat spesial untuk pembalap 22 tahun tersebut. Sebab ini adalah victory pertamanya di ajang WorldTour. Makin mantap karena Hirschi melakukannya di Tour de France

"Ini kemenangan profesional pertama saya, dan saya meraihnya di Tour de France. Ini seperti mimpi. Rasanya luar biasa," ujar mantan juara dunia road race U-23 itu seusai lomba.

Tahun ini adalah musim pertamanya terjun di balapan paling bergengsi di dunia tersebut. Tour de France 2020 sekaligus menjadi Grand Tour perdana dalam kariernya. Tentu saja ini adalah debut yang manis. Apalagi sebelum memenangkan etape 12, Hirschi finis kedua di etape 2 dan finis ketiga di etape 9.

Hirschi yang kini berusia 22 tahun 18 hari, sukses mengukuhkan diri sebagai pembalap Swiss termuda yang memenangkan etape Tour de France. Sebelumnya, rekor tersebut dipegang Urs Freuler saat menjuarai etape 7 di Tour de France 1981, sekitar 39 tahun lalu. Kala itu Freuler berusia 22 tahun 239 hari.

Hirschi juga menjadi pembalap Swiss pertama yang meraih kemenangan di Tour de France dalam sewindu terakhir. Rider Swiss terakhir yang melakukannya adalah Fabian Cancellara di TdF 2012.

"Saya tidak pernah percaya bahwa saya bisa memenangkan etape di Tour de France. Memulainya saja seperti seperti mimpi dan sekarang saya memiliki kemenangan dan dua podium," ucapnya bangga.

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 13

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, Cor Vos


COMMENTS