Kabar bagus datang dari arena Tour de France 2020. Amaury Sport Organisation (ASO) sebagai pihak penyelenggara memastikan tidak ada satu pun pembalap yang positif Covid-19. Kini seluruh pembalap tengah bersiap memulai etape 10, Selasa (8/9) malam.

Sesuai dengan protokol kesehatan yang telah disusun ASO, seluruh tim wajib menjalani tes memastikan tidak ada pembalap atau staf tim yang terpapar virus korona. Mereka telah menjalani tes PCR selama dua hari kemarin.

Tes PCR tersebut dilakukan di labratorium mobile yang disiagakan di Pau sebelum dimulainya etape 9 TdF 2020, Minggu (6/9) lalu. Selanjutnya tes PCR juga dilaksanakan di La Rochelle di sela-sela masa istirahat Senin (7/9) kemarin.

"Selasa ini, kurang dari dua jam sebelum dimulainya etape 10 dari Ile d'Oleron ke Ile de Re, siaran pers dari pihak penyelenggara memastikan tidak ada pembalap yang dinyatakan positif (Covid-19)," tulis surat kabar kenamaan Prancis, L'Equipe, Selasa petang.

Tes tersebut diikuti total 650 orang. Sebanyak 165 di antaranya adalah pembalap yang tersisa dari 22 peserta TdF 2020. Mereka bisa bernapas lega karena bisa melanjutkan kiprahnya di TdF tahun ini.

Bos ASO Christian Prudhomme dikabarkan positif Covid-19

Sementara itu, Direktur Tour de France Christian Prudhomme dilaporkan positif Covid-19. Ia harus menjalani isolasi dan dipastikan absen dari balapan setidaknya dalam satu pekan ke depan.

Selain Prudhomme, menurut Reuters, empat staf dari berbagai tim yang berbeda dinyatakan positif Covid-19. Cyclingpro melaporkan bahwa tes juga dilakukan Selasa pagi kepada anggota Deceuninck-QuickStep menyusul kesalahan hasil lab. Semua hasil tesnya negatif. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 12

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto:Jumbo-Visma, Bettini Photo, ASO


COMMENTS