Nans Peters Juara Etape, Adam Yates Bertahan di Puncak GC

Nans Peters (Ag2r-La Mondiale) muncul sebagai pemenang etape 8 Tour de France 2020, Sabtu (5/9) malam. Rider asal Prancis itu menguasai lomba sejak kilometer keempat. Sedangkan Adam Yates (Mitchelton-Scott) berhasil mempertahankan yellow jersey miliknya meski finis ke-12.

Setelah bersusah payah di etape 7 Jumat (4/9) kemarin, para pembalap harus melahap etape 8 yang tergolong kejam. Mereka harus mendaki di pegunungan Pyrenees. Jaraknya hanya 140 kilometer, dari Cazeres ke Loudenvielle. Mereka melewati beberapa tanjakan kondang seperti Col de Mente, Port de Bales, dan Col de Peyresourde.

Setelah mencapai puncak Peyresourde, para pembalap harus beradu cepat di turunan menuju dataran finis di Loudenviuelle.

13 pembalap melakukan breakaway sejak empat kilometer pertama

Hari ini Peters termasuk dalam 13 orang yang melakukan breakaway saat lomba baru memasuki kilometer keempat. Pembalap 26 tahun itu kabur bersama Jerome Cousin (Total Direct Energie), Michael Morkov (Deceuninck-QuickStep), Toms Skujins (Trek-Segafredo), Kévin Reza (B&B Hotels - Vital Concept p/b KTM), dan Carlos Verona (Movistar).

Juga Benoît Cosnefroy (Ag2r-La Mondiale), Neilson Powless (EF Pro Cycling), Soren Kragh Andersen (Sunweb), Ben Hermans (Israel Start-Up Nation), Fabien Grellier (Total Direct Energie), Quentin Pacher (B&B Hotels - Vital Concept p/b KTM), dan Ilnur Zakarin (CCC). Mereka meninggalkan peloton dengan gap mencapai 15 menit.

Ekspresi Nans Peters setelah juara di etape 8 Tour de France 2020

Rombongan breakaway mulai pecah setelah tanjakan Hors Categorie (HC) di Port de Balès. Peters melepaskan diri bersama Cousin, dan Zakarin. Kemudia ia meninggalkan kedua rivalnya di pendakian terakhir di Peyresourde. Selepas itu ia tak terkejar hingga finis solo di Loudenviuelle.

"Ini benar-benar gila," kata Peters selepas lomba. "Saya bermimpi untuk memenangkan satu etape di Tour de France, dan saya telah melakukannya hariini," ucapnya bangga.

Ia mengaku berusaha memotivasi dirinya agar bisa mengalahkan Zakarin di pendakian terakhir. Usahanya berhasil. Peters melakukan kemenangan solo di Loudenviuelle. Ini adalah victory keduanya di Grand Tour. Sebelumnya, Peters sukses menguasai etape 17 Giro d'Italia 2019.

Adam Yates (kanan) berhasil mempertahankan yellow jersey

Sementara itu, Adam Yates melakukan segala cara untuk bertahan di puncak General Classification, dan keunggulan tiga detik atas Primoz Roglic (Jumbo-Visma). Pembalap asal Inggris itu sukses mempertahankan yellow jersey miliknya setelah finis ke-12 di etape 8 ini.

"Saya pikir semua orang berada pada batas kemampuannya hari ini. Saya melakukan pekerjaan saya, dan inilah kami. Saya cukup senang karena ini adalah hari yang sangat berat," bilang Yates.

Profil rute etape 9 Tour de France 2020

Setelah habis-habisan di etape 8, para pembalap kembali dihadapkan dengan medan berat di etape 9, Minggu (6/9) malam. Mereka akan menanjak melewati pegunungan Pyrenees dari Pau ke Laruns. Jaraknya cukup pendek, hanya 154 kilometer.

Tanjakan-tanjakan yang harus dilewati adalah Col de la Hourcere, Col de Soudet, lalu Col d'Ichere, dan menu utamanya adalah Col de Marie Blanque (panjang 7,7 km dengan kemiringan rata-rata 8,6 persen). Para climber dan pemburu GC akan habis-habisan di etape ini. Untuk memastikan posisi terbaik di klasemen GC. (mainsepeda)

Hasil Etape 8 Tour de France 2020 (Top Ten)
1. Nans Peters (Prancis), AG2R la Mondiale 4 jam 2 menit 12 detik
2. Toms Skujins (Latvia), Trek-Segafredo +47
3. Carlos Verona (Spanyol) Movistar +47
4. Ilnur Zakarin (Rusia), CCC +1:09
5. Neilson Powless (Amerika Serikat), EF Pro Cycling +1:41
6. Ben Hermans (Belgia), Israel Start-Up Nation +3:42
7. Quentin Pacher (Prancis), B&B Hotels-Vital Concept +3:42
8. Soren Kragh Andersen (Denmark), Sunweb +4:04
9. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +6:00
10. Romain Bardet (Prancis), AG2R la Mondiale +6:38

General Classification usai 8 dari 21 Etape (Top Ten)
1. Adam Yates (Inggris), Mitchelton-Scott 34 jam 44 menit 52 detik
2. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +3 detik
3. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +9
4. Romain Bardet (Prancis), AG2R la Mondiale +11
5. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +13
6. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +13
7. Miguel Angel Lopez (Kolombia) Astana +13
8. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Pro Cycling +13
9. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +48
10. Enric Mas (Spanyol) Movistar +1:00

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 12

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Bettini Photo, Getty Images


COMMENTS