Comeback Mengesankan Primoz Roglic

Primoz Roglic (Jumbo-Visma) memutuskan mundur dari Critérium du Dauphiné 2020, 16 Agustus lalu. Kecelakaan di etape keempat membuatnya tidak start di stage kelima dan membuang peluang menjuarai balapan 'geladi bersih' sebelum Tour de France itu.

Setelah itu Roglic menepi dari jalanan. Ia fokus memulihkan kondisi pasca kecelakaan. Gosip pun berseliweran. Katanya Roglic akan sulit menemukan performa terbaik selepas kecelakaan tersebut. Bahkan juara nasional Slovenia ini sempat diragukan tampil di Tour de France tahun ini.

Berselang dua pekan, Roglic membuktikan bahwa jika insiden di Critérium du Dauphiné tidak menggerus performanya. Pembalap 30 tahun tersebut tampil tanpa cela di etape keempat Tour de France 2020, Selasa (1/9) malam. Ia menyelesaikan lomba sejauh 160,5 kilometer dengan catatan waktu 4 jam 7 menit 47 detik.

Etape 4 Tour de France 2020 adalah ujian perdana bagi para pembalap climber elite. Inilah etape pertama yang finis di tanjakan. Balapan ini berakhir di tanjakan Kategori 1 di Orcieres-Merlette. Panjang tanjakannya 7,1 kilometer dan gradien rata-rata 6,7 persen.

Setelah melewati empat tanjakan Kategori 3 atau 4, tim-tim mulai mengatur komposisi climber-nya di lereng tanjakan. Jumbo-Visma memimpin dengan Wout van Aert di baris terdepan di 3,3 kilometer menjelang finis. Kemudian Sepp Kuss membuka jalan Roglic untuk berpacu di kilometer terakhir.

Roglic mulai melancarkan aksinya di 200 meter menjelang finis. Setelah menyalip Guillaume Martin (Cofidis), ia benar-benar tak tersentuh hingga melewati garis akhir. Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) dan Julian Alaphilippe (Deceuninck-QuickStep) coba mengejar. Namun mereka tak cukup kuat untuk menyalip juara Vuelta a Espana 2019 itu.

"I'm coming back," canda Roglic seusai lomba. "Kita bisa melihat bahwa saya bisa balapan, dan setiap hari saya merasa lebih baik. Saya sudah membuktikan bahwa saya siap untuk start. Sekarang kami perlu melanjutkan (kinerja) seluruh tim dengan pekerjaan yang lebih baik," terangnya.

Kemenangan ini membawa Roglic naik ke posisi ketiga di General Classification (GC). Sayang ia belum berhasil merebut yellow jersey dari tangan Alaphilippe. "Saya tidak terlalu peduli. Ini hari yang menyenangkan. Kami tetap aman, kami menang, dan jadi lebih baik lagi. Ayo terus seperti itu," kata Roglic santai.

Alaphilippe finis kelima di etape keempat. Ia sebenarnya bisa finis tiga besar. Sayang ia mengendur sehingga disalip Martin dan Nairo Quintana (Arkea-Samsic). "Saya tidak kecewa, orang lain hanya lebih kuat hari ini. Memiliki yellow jersey membuat saya sangat bahagia," ucap idola Prancis ini.

Profil rute etape kelima Tour de France 2020.

Setelah bersusah payah di etape keempat, para climber bisa 'beristirahat' di etape kelima Rabu (2/9) malam. Sebab balapan akan melewati rute datar sepanjang 183 kilometer. Dari Gap ke Privas. Etape ini akan menjadi santapan empuk bagi para stage hunter atau para puncheur. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Tour de France 2020
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 04 jam 7 menit 47 detik
2. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +0 detik
3. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +0
4. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +0
5. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-Quickstep +0
6. Miguel Angel Lopez Moreno (Kolombia), Astana +0
7. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +0
8. Thibaut Pinot (Prancis), Groupama-FDJ +0
9. Mikel Landa (Spanyol), Bahrain McLaren +0
10. Adam Yates (Inggris), Mitchelton-Scott +0

General Classification usai 4 dari 21 Etape (Top Ten)
1. Julian Alaphilippe (Prancis), Deceuninck-Quickstep 18 jam 7 menit 4 detik
2. Adam Yates (Inggris), Mitchelton-Scott +4
3. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +7
4. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +11
5. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +13
6. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +17
7. Tom Dumoulin (Belanda), Jumbo-Visma +17
8. Esteban Chaves (Kolombia), Mitchelton-Scott +17
9. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +17
10. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Astana +17

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 11

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Jumbo-Visma, Getty Images, Bettini Photo, ASO


COMMENTS