Lizzie Deignan Menang Setengah Ban

Lizzie Deignan (Trek-Segafredo) menjuarai La Course by Le Tour de France 2020, Sabtu (29/8) malam. Dia unggul setengah ban atas pemenang tahun lalu Marianne Vos (CCC-Liv). Deignan menjadi pembalap Inggris Raya pertama yang memenangkan balapan ini.

Dalam balapan sepanjang 96 kilometer yang mengitari Kota Nice tersebut, Deignan menang sprint setengah ban atas Vos. Tempat ketiga diduduki Demi Vollering (Parkhotel Valkenburg). Sedangkan juara dunia Annemiek van Vleuten (Mitchelton-Scott) finis kelima.

Rute La Course by Le Tour de France 2020.

La Course by Le Tour de France adalah pembuka dari Tour de France. Balapan tahun ini terdiri dari dua putaran sirkuit yang dimulai dengan tanjakan sepanjang 5,8 kilometer dengan gradien 5,1 persen di Côte de Rimiez. Dilanjut dengan turunan dan jalanan mendatar sepanjang 23 kilometer.

Pada putaran terakhir, enam pembalap terdepan mulai beradu cepat pada kilometer pamungkas. Vos melesat dengan Deignan mengikuti di belakang. Deignan berhasil menyalip Vos dan sukses finis pertama dengan keunggulan setengah ban atas rider asal Belanda tersebut.

Lizzie Deignan (kiri) unggul tipis atas Marianne Vos (kanan).

Deignan mengaku lega karena sukses memenangkan balapan ini. Menurut pembalap 31 tahun itu, kemenangannya tak lepas dari kerja luar biasa dari tim Trek-Segafredo. Khususnya rekan setimnya Elisa Borghini.

"Elisa melakukan pekerjaan yang sempurna. Dia memaksa Marianne untuk sprint lebih awal, dan saya bisa memanfaatkannya," kata Deignan seusai lomba seperti yang dilansir Cyclingnews.

Kemenangan Deignan tak lepas dari wejangan yang diberikan Ina-Yoko Teutenberg dan Giorgia Bronzini. Keduanya sama-sama mengalahkan Vos dalam sprint. Teutenberg dan Bronzini hanya memintanya untuk bersabar.

La Course adalah kemenangan kedua Deignan dalam waktu lima hari. Sebelumnya dia memenangi GP de Plouay pada 25 Agustus lalu. Dua kemenangan ini menjadikannya leader dalam peringkat UCI Women's WorldTour.

"Kami merasa keberuntungan ada di pihak kami dan saya memuncak pada waktu yang tepat. Itu adalah kemenangan tim, dan mengenakan jersey Women's WorldTour selalu merupakan suatu kehormatan," terangnya. (mainsepeda)

Hasil La Course by Le Tour de France 2020 (Big Ten)
1. Elizabeth Deignan (Inggris Raya), Trek-Segafredo 2 jam 22 menit 51 detik
2. Marianne Vos (Belanda), CCC-Liv +0 detik
3. Demi Vollering (Belanda), Parkhotel Valkenburg +0
4. Katarzyna Niewiadoma (Polandia), Canyon-Sram Racing +0
5. Annemiek van Vleuten (Belanda), Mitchelton-Scott +0
6. Elisa Longo Borghini (Italia), Trek-Segafredo +7
7. Emilia Fahlin (Swedia) FDJ NAF +1:50
8. Elisa Balsamo (Italia), Valcar-Travel & Service +1:50
9. Soraya Paladin (Italia), CCC-Liv +1:50
10. Liane Lippert (Jerman) Team Sunweb +1:50

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 11

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: ASO, Procyclingstats.


COMMENTS