Schachmann Alami Patah Tulang Setelah Ditabrak Mobil di Il Lombardia

RCS Sport sebagai penyelenggara Il Lombardia terancam sanksi dari Union Cycliste Internationale (UCI). Penyebabnya adalah kecelakaan yang dialami dialami Max Schachmann (Bora-Hansgrohe) di salah satu balapan Monumen tersebut.

Juara nasional Jerman itu ditabrak oleh kendaraan pribadi yang menyelonong ke area balapan Il Lombardia 2020, Sabtu (15/8) malam. Meski sempat tersungkur, Schachmann bisa bangkit dan melanjutkan balapan. Ia berhasil finis di posisi ketujuh.

Profesionalitas RCS Sport sebagai penyelenggara pun dipertanyakan. Bagaimana bisa mobil itu masuk ke area lomba saat balapan sedang berlangsung. Ini adalah insiden kedua yang melibatkan mobil. Sebelumnya, hal serupa juga terjadi di balapan Milan-San Remo 2018 silam.

Dalam keterangan persnya Minggu (16/8) dini hari tadi, UCI sedang menyelidiki keadaan kecelakaan yang disebabkan oleh mobil pribadi di balapan Il Lombardia 2020, Sabtu malam. Menurut UCI, hal ini tidak sepatutnya terjadi.

"Acara di kalender WorldTour UCI berada pada level tertinggi dan membutuhkan jalan yang tertutup sepenuhnya setiap saat. UCI akan mempertimbangkan untuk mengajukan keluhan kepada Komisi Disiplin terhadap penyelenggara acara, RCS Sport," jelas UCI.

Direktur Olahraga Bora-Hansgrohe Jens Zemke menceritakan, kecelakaan yang dialami Schachmann terjadi di tiga kilometer terakhir. Ketika itu Schachmann sedang melaju kencang menuju garis finis di Como. Tiba-tiba sebuah mobil berwarna hitam datang dari arah samping dan menabrak Schachmann.

"Insiden seperti ini sangat disayangkan. Kami berharap ia akan baik-baik saja. Setelah balapan, ia pergi ke rumah sakit untuk rontgen," terang Zemke dalam laman resmi Bora-Hansgrohe, Minggu dini hari.

Berselang dua jam, Bora-Hansgrohe melaporkan bahwa Schachmann mengalami patah tulang selangka. Pada saat yang bersamaan, Emanuel Buchmann dan Gregor Muhlberger juga mengalami cedera di etape keempat Critérium du Dauphiné 2020.

"Semoga Emu, Max, dan Gregor mendapatkan yang terbaik," tulis akun Twitter Bora-Hansgrohe. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 9

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Bettini Photo, Eurosport


COMMENTS