Penelitian Public Health England mengungkapkan, kelebihan berat badan membuat orang memiliki risiko lebih besar terpapar penyakit serius atau kematian akibat Covid-19. Pemerintah Inggris punya solusi jitu untuk mengatasi masalah ini, yakni bersepeda.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson baru saja mengeluarkan jurus pamungkas untuk 'memerangi' obesitas di Negeri Ratu Elizabeth. Caranya dengan pengeluarkan program diet selama 12 pekan. Ia juga meminta dokter meresepkan bersepeda dalam program diet itu.

"Covid-19 telah memberi kita semua peringatan tentang risiko kelebihan berat badan jangka pendek dan jangka panjang. Perdana menteri jelas menginstruksikan kita menggunakan momen ini untuk menjadi lebih sehat, lebih aktif, dan makan lebih baik," kata juru bicara pemerintahan seperti yang dilansir BBC.

"Kami akan mendesak masyarakat untuk menggunakan momen ini untuk mengetahui bagaimana mereka menjalani hidup mereka. Juga untuk mengambil langkah-langkah sederhana untuk menurunkan berat badan, menjalani hidup yang lebih sehat, dan mengurangi tekanan pada NHS," imbuhnya.

Menurut BCC, masalah obesitas membebani National Health Service (NHS) lebih dari 6 miliar GBP setiap tahun. Ada hampir 900 ribu orang masuk rumah sakit karena obesitas pada periode 2018-2019. Obesitas juga memunculkan risiko penyakit kronis macam diabetes, kanker, dan penyakit pernapasan.

"Obesitas adalah salah satu faktor komorbiditas yang nyata. Menurunkan berat badan, terus terang, adalah salah satu cara yang Anda dapat mengurangi risiko dari coronavirus," kata Johnson seperti yang dilansir The Guardian. (Baca juga: Pandemi Bisa Bangkitkan Era Keemasan Bersepeda)

Masalah ini coba diatasi dengan kampanye 'Better Health'. Tujuannya untuk menjangkau 35 juta orang dalam upaya untuk membantu mereka menurunkan berat badan dan hidup lebih sehat. Kampanye ini akan didukung dengan program duet selama 12 pekan.

Para dokter akan didorong untuk meresepkan bersepeda sebagai bagian dari program diet 12 pekan ini. Pemerintah juga menjanjikan peningkatan akses bersepeda. Lajur yang terpisah, dengan intensitas lalu lintas rendah, serta lahan parkir sepeda yang aman. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 6: Tips Touring dan Tempat Gowes Paling Asyik di Indonesia

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Transport for London


COMMENTS