Tour de France 2021 Mungkin Batal Start di Denmark

| Penulis : 

Masyarakat Denmark harus menunggu lebih lama untuk menyaksikan balapan paling bergengsi di dunia: Tour de France. Sebab Grand Depart di Kopenhagen yang semula dijadwalkan 2021 nanti, kemungkinan besar akan dipindahkan menjadi 2022.

Tiga etape pembuka Tour de France di Kopenhagen seharusnya dilangsungkan 2-4 Juli 2021. Hanya saja agenda Grand Depart tahun depan diimpit oleh dua agenda besar, yakni Olimpiade Tokyo dan EURO. Kedua event ini seharusnya digelar 2020. Namun pandemi Covid-19 membuatnya ditunda setahun.

Mulanya Amaury Sport Organisation (ASO) sebagai penyelenggara Tour de France mengusulkan perubahan jadwal Grand Depart 2021 kepada Pemerintah Kota Kopenhagen. Kedua belah pihak sudah membahas masalah ini sejak akhir Juni lalu. Sayang usulan tersebut sangat sulit diwujudkan.

"Tidak ada yang menyatakan bahwa Tour de France tidak akan datang ke Denmark dan Kopenhagen. Akan tetapi, sangat mungkin apabila Grand Depart Tour de France di Denmark akan dipindahkan ke 2022," kata Wali Kota Kopenhagen Frank Jensen dalam wawancara dengan Danish Broadcasting Corporation.

Jensen menjelaskan, pihaknya berusaha agar Grand Depart tetap digelar 2021. Namun, jika dipaksakan tahun depan, hal itu justru membuat Grand Depart akan tumpang tindih dengan event lainnya. Bagi Jensen, menunggu satu tahun lebih lama mungkin jadi opsi terbaik.

Perlu diketahui, Tour de France edisi ke-108 rencananya dilaksanakan 2-25 Juli 2021. Masalahnya Tour tahun depan harus berbenturan dengan Olimpiade Tokyo yang digeber 23 Juli hingga 8 Agustus 2021. Agenda Tour de France 2021 juga bersamaan dengan EURO 2020. Karena pandemi coronavirus, EURO yang digelar di 12 kota di Eropa ini akan digelar pada 11 Juni-11 Juli 2021.

Parken Stadium di Kopenhagen akan menjadi venue laga di Grup B dan babak 16 besar. Total akan ada empat pertandingan yang dilangsungkan markas tim F.C. Copenhagen itu. Keempat laga itu digelar pada 12 Juni, 16 Juni, 21 Juni, dan 28 Juni 2021.

Untuk menghindari Olimpiade, ASO berusaha memulai Tour de France 2021 satu minggu lebih awal dari jadwal semula. Sayangnya hal itu tidak mungkin dilakukan. Sebab, jika jadwal Tour dimajukan, efeknya akan tumpang tindih dengan EURO.

Erik Lauritzen, Wali Kota Sonderborg -di mana etape ketiga akan selesai- mengatakan, penundaan Grand Depart di Kopenhagen adalah opsi terbaik. "Itu akan menjadi tantangan yang sangat besar. Itulah mengapa saya juga berpikir menunda selama setahun mungkin solusi terbaik bagi semua orang," katanya kepada Ekstra Bladet.

Sementara itu, surat kabar Le Télégramme melaporkan jika ASO mengajukan penawaran kepada salah satu wilayah di Prancis, Brittany untuk menjadi tuan rumah 'dadakan' Tour de France 2021. Brittany sebelumnya adalah kandidat kuat untuk Grand Depart Tour de France 2024 atau 2025. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 6: Tips Touring dan Tempat Gowes Paling Asyik di Indonesia


Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: ASO, AP Photo, Henning Bagger/Scanpix

Populer

Tadej Pogacar Melawan Dirinya Sendiri di Giro d'Italia
Bike and Camp, Cara Unik Mumed CC Gelar Acara Halal Bihalal 
Inikah Tahun Richie Porte Juara Tour de France?
Nego Istri Demi Peugeot Mejeng di Ruang Keluarga
Tiga Destinasi Gowes Keren di Tokyo, Jepang  
Tahun Lalu Gagal Dapat Slot Bromo KOM, Berhasil Setelah Standby Sejak Tengah Malam
Ratusan Cyclist Ramaikan Gowes Rayakan HUT Kota Malang ke-110
Egan Bernal Juara Overall, Vincenzo Nibali Rebut Etape
Juarai Eschborn-Frankfurt, Maxim Van Gils Resmi Angkat Trofi WorldTour Perdana
Cukur Bulu Kaki Anda (dan Mengapa Itu Bermanfaat)