Siap-Siap Bakal Ada Campagnolo 13-speed
by - July 21, 2020
Siap-Siap Bakal Ada Campagnolo 13-speed
by MainSepeda - July 21, 2020

Mungkin bakal ada kabar heboh dari produsen komponen legendaris Italia, Campagnolo. Tanda-tandanya, mereka sedang menyiapkan grupset baru dengan konfigurasi 13-speed!

Tanda-tanda itu muncul saat peluncuran wheelset baru, Campagnolo Shamal DB, yang dirancang bisa untuk segala kebutuhan. Mulai road biasa sampai gravel. Sebab, Shamal DB itu dilengkapi freehub baru yang dinamai Campagnolo N3W. Ya, pelesetan kata "new" dengan angka "3" di tengah.

Secara fisik, freehub ini bentuk dan alur-alurnya sama dengan yang sudah ada, yang kompatibel dengan Campagnolo 11 dan 12-speed. Tapi sedikit lebih pendek. Tepatnya 4,4 mm lebih pendek.

Kenapa lebih pendek? Di sinilah spekulasi 13-speed muncul. Kalau melihat freehub termutakhir dari Shimano (Micro Spline) dan SRAM (XD dan XDr), semua didesain untuk dipasangi sproket dengan gigi terkecil di bawah 11. Agar gigi 10 atau lebih kecil bisa terakomodasi, maka memang harus "menggantung" di ujung. Karena diameter freehub hanya bisa mengakomodasi gigi terkecil 11.

Tanda-tanda lebih jelas lagi: Campagnolo memberi penjelasan unik tentang freehub N3W ini. Mereka bilang, kalau ditambahi adaptor, freehub ini bisa kompatibel ke "belakang" (backward) untuk 10, 11, dan 12-speed. Ya, Campy sudah bilang kalau 12 itu di belakang!

Penjelasan dari Campy: "N3W adalah masa depan kami. Satu standar untuk me-manage semua sproket Campagnolo. Baik masa sekarang, masa lalu, dan masa depan!"

Wah, jadi tidak sabar mengetahui apa yang baru dari Campagnolo ini nanti! (mainsepeda)

Episode Kelima Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray: Apa Upgrade Sepeda Paling Penting?

Audionya bisa didengarkan di sini


COMMENTS