Rider Kolombia Tiba di Eropa, Termasuk Bernal dan Quintana

Pembalap top Kolombia telah tiba di Eropa. Mereka berangkat dengan menaiki pesawat yang sama. Kedatangan mereka adalah kabar baik. Apalagi sempat tersiar kabar bahwa para pembalap ini terancam gagal kembali ke Eropa akibat pembatasan penerbangan ke banyak negara.

Kolombia merupakan salah satu negara penghasil pembalap hebat. Mereka tersebar di berbagai tim WorldTour. Sebut saja Egan Bernal (Team Ineos), Nairo Quintana (Arkea-Samsic), Rigaberto Uran (EF Pro Cycling), Miguel Ángel Lopez (Astana), Fernando Gaviria (UAE Team Emirates), dan Esteban Chaves (Mitchelton-Scott).

Para pembalap tersebut mendapatkan izin khusus untuk terbang dari ibu kota Kolombia, Bogota, Minggu (19/7). Mereka landing di Madrid, Spanyol Senin (20/7) kemarin. Mereka diterbangkan oleh satu maskapai penerbangan, yakni Avianca Airlines.

Menteri Olahraga Kolombia Ernesto Lucena Barrero mengatakan, keberhasilannya mendaratkan pembalap di Eropa adalah buah kerja sama dari berbagai pihak. Mulai dari kementerian olahraga, kementerian luar negeri, kedutaan besar Spanyol dan Kolombia, serta Avianca Airlines.

"Sekarang atlet kami bisa datang ke Eropa untuk memenuhi jadwal kompetisi. Sesuatu yang mendasar dalam pengembangan dan prosesnya, diubah pada semester pertama ini oleh pandemi COVID-19," kata Ernesto Lucena Barrero dalam pernyataan resminya.

Total 185 penumbang berada dalam penerbangan itu. Selain memboyong pembalap sepeda, pesawat Avianca Airlines juga mengangkut atlet Kolombia dari berbagai disiplin olahraga. Seperti pembalap BMX peraih dua medali emas, Mariana Pajon Londono, petenis Yuliana Lizarazo, dan pesepak bola putri Isabella Echeverri.

Sementara itu, superstar Team Ineos, Richard Carapaz sempat dikabarkan akan bertolak dari rumahnya di Ekuador ke Bogota untuk 'menumpang' pesawat tim Kolombia. Terbaru, eks rider Movistar ini akan terbang langsung dari Ekuador menuju Madrid. (mainsepeda)

Episode Kelima Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray: Apa Upgrade Sepeda Paling Penting?

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Anne-Christine Poujoulat, Avianca Airlines


COMMENTS