Michael Woods Tak Terbendung di 'La Reine'

Michael Woods (EF Pro Cycling) memdominasi etape kelima Tour de France virtual, Sabtu (18/7) malam. Rider asal Kanada ini finis pertama dengan catatan waktu 46 menit 3 detik. Dua pembalap NTT Pro Cycling, Domenico Pozzovivo dan Louis Meintjes berhasil finis kedua dan ketiga.

Etape kelima adalah la reine, alias queen stage (etape penentu) di Tour de France Virtual. Pembalap berlaga di sirkuit Mont Ventoux. Jaraknya tak terlalu panjang. Hanya 22,9 kilometer. Finisnya berada di tanjakan Chalet Reynard yang memiliki elevasi 1,205 meter.

Benoit Cosnefroy (Ag2r La Mondiale) mengambil intermediate sprint pertama sebelum Jonas Rickaert (Alpecin-Fenix) menjadi yang pertama melewati awal pendakian. Woods mulai menyerang ketika balapan menyisakan sepuluh kilometer lagi. Ia ditempel ketat oleh Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) dan Domenico Pozzovio (NTT).

Ketiganya memang sempat ditangkap oleh kelompok pengejar yang berisi Romain Bardet (Ag2r La Mondiale) dan Eddie Dunbar (Team Ineos). Namun pace Woods yang konsisten membuatnya susah dikejar oleh pembalap lain. Vingegaard mulai melorot, dan Louis Meintjes (NTT) melesat ke baris terdepan.

Woods, Pozzovio dan Meintjes unggul 43 detik saat balapan tersisa enam kilometer. Woods mulai melancarkan serangan di empat kilometer pamungkas. Woods tak terkejar hingga finis terdepan di etape ini. Pozzovio finis kedua dan Meintjes di tempat ketiga.

“Tentu sangat penting untuk mendapatkan kemenangan ini. Ini adalah acara besar bagi kami. Zwift adalah platform yang hebat. Kami senang akhirnya mendapatkan kemenangan ini," ucap Woods seusai lomba.

Meski pembalapnya gagal memenangkan etape kelima ini, namun NTT mengukuhkan keunggulannya dalam General classification. Selain Pozzovio dan Meintjes yang finis kedua dan ketiga, satu pembalap NTT lainnya, yaitu Stefan De Bod berhasil finis di urutan keempat.

Sementara itu, pembalap tim putri CCC-Liv Ashleigh Moolman-Pasio juga finis solo pada etape kelima ini. Rider asal Amerika Serikat tersebut menorehkan catatan waktu 57 menit 10 detik. Sarah Gigante (Tibco – Silicon Valley Bank) finis kedua dengan gap 23 detik. Rekan Gigante, Lauren Stephens finis ketiga dengan selisih 1 menit 51 detik.

"Ini adalah kemenangan besar untuk saya dan tim CCC-Liv. Untungnya tidak ada masalah teknis hari ini seperti minggu lalu yang sedikit mengecewakan di mana saya drop out karena internet," ucap Moolman-Pasio.

Hasil etape kelima ini membuat Tibco – Silicon Valley Bank tak tergoyahkan di puncak General classification dengan 409 poin. Drops Cycling menyusul di tempat kedua dengan koleksi 252 poin. Sedangkan Canyon-SRAM di posisi ketiga dengan 247 poin.

Tour de France virtual masih menyisakan satu balapan lagi. Etape keenam akan dilangsungkan di sirkuit 'cobbled' Champs Elysees, Minggu (19/7) malam. Panjang rutenya 42,8 kilometer yang terbagi dalam enam lap dengan enam titik intermediate sprint. Etape enam ini akan finis di depan Arc de Triomphe di Paris. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Tour de France Virtual (Top Ten)
1. Michael Woods (Kanada), EF Pro Cycling 46 menit 03 detik
2. Domenico Pozzovivo (Italia), NTT +18 detik
3. Louis Meintjes (Afrika Selatan), NTT +50
4. Stefan De Bod (Afrika Selatan), NTT +1,17
5. Gavin Mannion (Amerika Serikat), Rally +2,15
6. Eddie Dunbar (Irlandia), Ineos +2,40
7. Ben O’Connor (Australia), NTT +2,57
8. Romain Bardet (Prancis), Ag2r La Mondiale +3,49
9. Carlos Rodriguez (Spanyol), Ineos +3,57
10. Jimmy Janssens (Belgia), Alpecin-Fenix +4,41

General classification (Top Three)
1. NTT Pro Cycling – 391 poin
2. Rally Cycling – 219 poin
3. EF Pro Cycling – 175 poin

Points classification (Top Three)
1. NTT Pro Cycling – 222 poin
2. Mitchelton-Scott – 100 poin
3. CCC Team – 81 poin

Mountains classification (Top Three)
1. NTT Pro Cycling – 62 poin
2. EF Pro Cycling – 30 poin
3. Israel Start-Up Nation – 28 poin

Youth classification (Top Three)
1. NTT Pro Cycling Team – 42 poin
2. Team Ineos – 37 poin
3. Groupama - FDJ – 31 poin

Episode Kelima Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray: Apa Upgrade Sepeda Paling Penting?

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: EF Pro Cycling, ASO, Zwift


COMMENTS