Alberto Contador Pecahkan Rekor Everesting

Alberto Contador beraksi kembali. Mantan pembalap profesional asal Spanyol ini mencatatkan rekor Everesting baru. Contador nanjak 8,848 meter dalam waktu 7 jam 27 menit 20 detik. Ia lebih cepat 2 menit 37 detik dari pemilik rekor sebelumnya, Lachlan Morton.

Pemilik tujuh gelar Grand Tour ini beraksi di tanjakan Navapelegrín di dekat Segovia, utara Madrid. Ia naik-turun di tanjakan 6,8 kilometer dalam 78 kali. Hasilnya, Contador lebih cepat dari rekor milik Morton. Catatannya telah diverifikasi oleh Hells 500, badan yang mengatur upaya Everesting.

"Kegilaan Everesting selesai," tulus Contador dalam akun Instagram-nya. Contador mengungkapkan, dorongan untuk memecahkan rekor everesting berasal dari para penggemarnya.

"Berkat pesan kalian aku terdorong untuk melakukannya. Lebih dari tujuh jam dan 8.848 meter menanjak. Ini tantangan yang sangat berat, tetapi ini pengalaman yang sangat menyenangkan," imbuh mantan pembalap Trek–Segafredo tersebut.

Navapelegrín memiliki rata-rata gradien 7,5 persen dan mencapai ketinggian 1.710 meter. Namun, upaya Contador berfokus pada bagian paling tajam di tanjakan ini. Ia naik-turun di bagian paling curam ini dengan rata-rata gradien 12 persen dan gradien maksimum 20 persen.
Selain rekor baru yang diukir, publik juga menyoroti sepeda yang digunakan oleh Contador untuk memecahkan rekor Everesting ini. Contador menggunakan merek sepedanya sendiri yang akan dikenal dengan nama Abikes.

"Ini adalah hari-hari sibuk untuk mempersiapkan peluncuran sepeda saya. Waktunya sudah sangat dekat," kata Contador. "Kami ingin menguji beberapa material dan juga memeriksa perilakunya di lingkungan yang sangat spesifik," sambungnya.

Selama pandemi Covid-19 banyak pembalap dan mantan pembalap yang berusaha memecahkan rekor Everesting. Dimulai dari Phil Gaimon, Keegan Swenson, Emanuel Buchmann, dan Lachlan Morton dari EF Pro Cycling.

Morton bahkan dua kali melakukan pemecahan rekor Everesting selama Juni kemarin. Ia mencatat rekor 7 jam 32 menit 54 detik pada percobaan pertama. Namun data ini dianggap tidak valid oleh Hells 500 selaku pengawas Everesting.

Morton mencoba lagi dan mengukir rekor baru di angka 7 jam 29 menit 57 detik. Rekor inilah yang sukses dipatahkan Contador. (mainsepeda)

Episode Keempat Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray: Tips beli sepeda, mahal atau murah? karbon atau besi?

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: David Ponce


COMMENTS