Dua Van der Poel Melawan Rebellin dalam Tiga Dekade
by - July 09, 2020
Dua Van der Poel Melawan Rebellin dalam Tiga Dekade
by MainSepeda - July 09, 2020

Kembali ke 13 September 1998. Pembalap asal Italia Davide Rebellin bersaing dengan rider veteran Belanda Adrie van der Poel di Grand Prix de Fourmies. Rebellin kala itu berusia 27 tahun, sedangkan Adrie 39 tahun. Rebellin finis ke-12 dan Adrie finis ke-43 dalam balapan di Perancis kala itu.

Adrie van der Poel dan Rebellin bertemu secara teratur pada tahun-tahun sebelumnya. Seperti pada balapan Paris-Tours 1992, Amstel Gold Race 1993, dan La Flèche Wallonne 1993.

Dan sekarang, hampir 30 tahun kemudian, kita akan melihat duel lain antara Van der Poel dan Rebellin di Sibiu Cycling Tour, 23-26 Juli nanti. Rebellin yang saat ini menginjak usia 48 tahun, bakal berhadapan dengan Mathieu van der Poel (25 tahun), juara dunia cyclocross sekaligus putra Adrie van der Poel.

Rebellin akan membela tim continental asal Kroasia, Meridiana Kamen. Sedangkan Mathieu memperkuat panji tim Pro Continental Alpecin-Fenix.

Mathieu punya jadwal padat pada Agustus nanti. Menurut harian Belanda Algemeen Dagblad, Juara Amstel Gold Race 2019 ini akan turun di Strade Bianche (1 Agustus), Milan-Torino (5 Agustus), Milan-San Remo (8 Agustus), Gran Piemonte (12 Agustus), dan Il Lombardia (15 Agustus).

"Dia menjalani pemusatan latihan di La Plagne, Perancis. Setelah itu dia akan turun di Sibiu Cycling Tour. Kemudian Van der Poel harus memiliki ritme balap yang cukup untuk bersaing di Strade Bianche," jelas Manajer tim Alpecin-Fenix Michel Cornelisse.

Oleh sebab itu, Mathieu harus dalam kondisi bugar pada Agustus nanti. Cornelisse menilai Sibiu Cycling Tour menjadi ajang pemanasan yang pas untuk Mathieu. Balapan ini seharusnya digelar 2-5 Juli. Namun pandemi coronavirus membuat ajang ini ditunda hingga 23-26 Juli.

"Setelah kalender bersepeda yang berubah karena pandemi, tim-tim terkenal akan datang ke Rumania. Selain Alpecin-Fenix dengan Mathieu van der Poel, juga Bora-Hansgrohe dengan sprinter Jerman Pascal Ackermann dan Lennard Kämna, serta Israel Start-Up Nation," kata Cornelisse.

Menurut laman resminya, Sibiu Cycling Tour akan diikuti 26 tim. Rinciannya: 17 tim Continental, enam tim Pro Continental, dua tim World Tour, dan satu tim nasional Rumania. (mainsepeda)

Episode Keempat Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray:

Audionya bisa didengarkan di sini


Foto: Getty Images, Bettini Photo


COMMENTS