Dramatis, Julien Bernard Bikin Freddy Ovett Gigit Jari

Julien Bernard (Trek-Segafredo) merebut kemenangan dramatis di etape kedua Tour de France virtual, Minggu (5/7) malam. Rider asal Perancis itu unggul sangat tipis atas Freddy Ovett (Israel Start-Up Nation) dan Nicolas Edet (Cofidis) yang harus puas di posisi kedua dan ketiga.

Watopia Mountain menjadi menjadi rute di etape kedua balapan virtual Tour de France. Panjang keseluruhan rute adalah 29,5 kilometer. Tanjakan Radio Tower menjadi tantangan utama. Panjangnya 9,4 kilometer dengan gradien rata-rata 3,9 persen.

Juara Tour de France 2018 Geraint Thomas (Team Ineos) memimpin di lereng pendakian. Ia berusaha meninggalkan para sprinter sejak awal tanjakan. Pembalap asal Wales ini membawa sekelompok kecil pembalap bersamanya. Termasuk rekan setimnya, Tao Geoghegan Hart.

Namun dominasi Thomas tak berlangsung lama. Michael Woods (EF Pro Cycling). Nicolas Edet menyalip Woods ketika mereka mencapai puncak Radio Tower. Kemudian Geoghegan Hart dan Freddy Ovett (Israel Start-Up Nation) bergabung dengan mereka untuk membuat kuartet di turunan. Mereka unggul sembilan detik atas chasing group.

Keempat pembalap tersebut berhasil ditangkap chasing group pada tujuh kilometer menjelang finis. Sekitar 15 pembalap berada dalam garis terdepan pada empat kilometer akhir. Pat Bevin (CCC) menyerang Pada 600 meter terakhir, sebelum Freddy Ovett menyalinya pada 100 meter pamungkas.

Ovett nyaris menjadi pemenang di etape kedua ini. Akan tetapi Julien Bernard berhasil menyalipnya hanya beberapa meter sebelum garis finis. Bernard finis pertama dengan catatan waktu 41 menit 12 detik. Sedangkan Ovett dan Edet harus puas dengan posisi kedua dan ketiga.

Dalam wawancara selepas balapan, Bernard mengaku tidak menyangka bisa memenangkan di etape kedua Tour de France virtual ini. Pada awalnya ia mengira Ovett lah pemenangnya.

"Saya pikir ini sangat-sangat ketat. Saya sendiri tidak menyadari jika saya lah pemenangnya. Saya tadi berpikir bahwa Freddy (Ovett) ada di depan saya. Jadi ketika saya menyadari saya telah menang, saya sangat senang. Sebab saya mulai berlari sangat terlambat dan dalam beberapa meter terakhir saya hanya berhasil melewatinya," ujar Bernard.

Sementara itu, dari kelompok putri, etape kedua Tour de France virtual menjadi milik Lauren Stephens (Tibco–Silicon Valley Bank). Stephens menuntaskan rute sepanjang 29,5 kilometer dengan catatan waktu 47 menit 32 detik. Posisi kedua diamankan Joss Lowden (Drops Cycling). Sedangkan Erica Magnaldi (Ceratizit–WNT) berada di tempat ketiga.

"Ini adalah kedua kalinya saya menanjak di Radio Tower dan itu tidak pernah mudah," bilang pembalap 33 tahun asal Amerika Serikat itu seperti yang dilansir laman resmi Zwift. (mainsepeda)

Hasil Etape 2 Tour de France Virtual (Top Ten)
1. Julien Bernard (Perancis), Trek-Segafredo 41 menit 12 detik
2. Freddy Ovett (Australia), Israel Start-Up Nation +0 detik
3. Nicolas Edet (Perancis), Cofidis +0
4. Michael Woods (Kanada), EF Pro Cycling +0
5. Patrick Bevin (Selandia Baru), CCC +1
6. Stefan De Bod (Afrika Selatan), NTT +2
7. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +2
8. Louis Meintjes (Afrika Selaran), NTT +2
9. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos +2
10. Gianni Vermeersch (Belgia), Alpecin-Fenix +2

General classification (Top Three)
1. NTT Pro Cycling – 130 poin
2. Rally Cycling – 92 poin
3. Alpecin-Fenix – 89 poin

Points classification (Top Three)
1. NTT Pro Cycling – 94 poin
2. Mitchelton-Scott – 52 poin
3. CCC Team – 45 poin

Mountains classification (Top Three)
1. Israel Start-Up Nation – 17 poin
2. Alpecin-Fenix – 10 poin
3. Cofidis – 8 poin

Youth classification (Top Three)
1. NTT Pro Cycling Team – 17 poin
2. Lotto Soudal – 15 poin
3. Trek-Segafredo – 14 poin

Episode Ketiga Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray:

Audionya bisa juga didengarkan di Spotify

Foto: Zwift, Trek-Segafredo


COMMENTS