Lajur Sepeda di Pusat Kota Surabaya Diperlebar
by - June 29, 2020
Lajur Sepeda di Pusat Kota Surabaya Diperlebar
by MainSepeda - June 29, 2020

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya merespon fenomena bike boom dengan menambah lebar lajur sepeda di dua jalan utama Kota Pahlawan. Dua lajur tersebut diterapkan di Jalan Tunjungan dan Jalan Darmo pada akhir pekan kemarin.

Dishub Surabaya telah menambah lebar lajur khusus pop up bike lane di sepanjang Jalan Tunjungan pada Sabtu (27/6) dan di Jalan Darmo pada Minggu (28/6) kemarin. Kadishub Irvan Wahyudrajat mengaku sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polrestabes Surabaya terkait kebijakan baru ini.

"Biasanya volume bersepeda meningkat pada Sabtu malam dan Minggu pagi. Supaya para pesepeda aman, kami buat traffic cone agar mereka terlindungi dan terpisah dari kendaraan bermotor," jelas Irvan seperti yang dilansir Humas Kota Surabaya.

Berdasarkan data Dishub Surabaya, lajur sepeda telah dibuat dengan panjang ruas jalan mencapai 15.029 meter. Meliputi Jalan Darmo, Jalan Basuki Rahmat, Jalan Gubernur Suryo, Jl. Panglima Sudirman, Jalan Yos Sudarso, Jalan Pemuda, Jalan Gubeng, Jalan Walikota Mustajab, Jalan Wijaya Kusuma, dan Frontage A. Yani Sisi Barat.

Selain itu, lajur sepeda juga telah disiapkan di Jalan Sumatera, Jalan Sulawesi, Fly Over Gubeng Pojok, Jalan Prof Dr. Moestopo, serta Jalan Dr. Soetomo sisi selatan.

Irvan mengimbau seluruh cyclist untuk menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak. Jika ada yang tidak menggunakan masker saat bersepeda, maka siap-siap mendapatkan punishment dari Satpol Pamong Praja Kota Surabaya.

"Karena ditambah lajurnya, sehingga lebih luas. Jadi jaga jarak, kanan kirinya lebih lebar," harap Irvan.(mainsepeda)

Episode Baru Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray:

Audionya bisa juga didengarkan di Spotify


Foto: Humas Pemkot Surabaya, Bikeberry


COMMENTS