Tour de France 2021 Diimpit Olimpiade dan EURO
by - June 28, 2020
Tour de France 2021 Diimpit Olimpiade dan EURO
by MainSepeda - June 28, 2020

Amaury Sport Organisation (ASO) tampaknya sedang pusing. Jadwal Tour de France 2021 tumpang tindih dengan Olimpiade Tokyo. Olimpiade seharusnya digelar pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020. Namun, multi-event olahraga terbesar di dunia ini terpaksa ditunda setahun karena pandemi coronavirus.

Beberapa bulan lalu International Olympic Committee (IOC) sudah bersepakat dengan pemerintahan Jepang. Bahwa Olimpiade Tokyo bakal digeber mulai 23 Juli hingga 8 Agustus 2021. Masalahnya, jadwal baru Olimpiade ini berbenturan dengan Tour de France 2021.

Tour de France edisi ke-108 tersebut rencananya dilaksanakan 2-25 Juli 2021. Kopenhagen didapuk sebagai tuan rumah Grand Depart. Ibu kota Denmark tersebut akan melangsungkan tiga etape pembuka Tour de France 2021 pada 2-4 Juli tahun depan.

ASO mencoba mengurai masalah ini dengan berkomunikasi dengan Wali Kota Kopenhagen Frank Jensen. Dalam wawancara dengan Danish Broadcasting Corporation, Jensen mengungkapkan bahwa ASO ingin berdiskusi tentang kemungkinan perubahan jadwal Grand Depart Tour de France 2021.

"Ketika Anda memiliki satu kontrak satu sama lain, dan satu mengatakan mereka memiliki beberapa kendala dengan kontraknya, maka tentu saja Anda harus berbicara bersama," ujar Jensen. Sayangnya Jensen tidak mau menyebutkan secara spesifik tentang tanggal baru yang diajukan oleh ASO.

Meski demikian, permintaan untuk mengubah jadwal Grand Depart tidak diterima begitu saja. Sebab agenda Tour de France 2021 juga bersamaan dengan EURO 2020. Seperti halnya Olimpiade, Euro tahun ini harus digelar 2021 karena pandemi coronavirus.

EURO digelar di 12 kota di Eropa pada 11 Juni-11 Juli 2021. Parken Stadium di Kopenhagen akan menjadi venue laga di Grup B dan babak 16 besar. Total akan ada empat pertandingan yang dilangsungkan markas tim F.C. Copenhagen itu. Keempat laga itu digelar pada 12 Juni, 16 Juni, 21 Juni, dan 28 Juni 2021.

"Kami juga menyelenggarakan event sepak bola (EURO) dan telah menetapkan tanggal pelaksanaannya. Jelas itu menghadirkan masalah besar jika tanggalnya harus dipindahkan," jelas Jensen.


Sementara itu, Ketua Federasi sepak bola Denmark (DBU) Jesper Moller mengaku belum mendengar pernyataan resmi terkait perubahan jadwal Grand Depart Tour de France 2021. Akan tetapi, Moller menegaskan bahwa jadwal EURO 2020 di Kopenhagen mustahil untuk diubah.

"Ini adalah turnamen UEFA, pertandingan UEFA. Jadwal pertandingan juga sudah ditetapkan oleh UEFA," tegasnya.(mainsepeda)

Episode Baru Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray:

Audionya bisa juga didengarkan di Spotify

Foto: ASO, AP Photo, Henning Bagger/Scanpix, visitcopenhagen


COMMENTS