Volta a Portugal Ditunda karena Pandemi Covid-19
by - June 26, 2020
Volta a Portugal Ditunda karena Pandemi Covid-19
by MainSepeda - June 26, 2020

Pandemi coronavirus yang masih belum mereda di Portugal membuat Volta a Portugal 2020 harus ditunda. Sesuai dengan kalender UCI, balapan kategori 2.1 ini seharusnya dilangsungkan pada 29 Juli hingga 9 Agustus mendatang.

Berlangsung sejak 1927, Volta a Portugal masuk dalam kalender UCI Europe Tour. Pada tahun lalu Volta a Portugal dimenangkan oleh Joao Rodrigues (W52–FC Porto). Joni Brandao (Efapel) dan Gustavo Veloso (W52–FC Porto) finis kedua dan ketiga di general classification.

Sayang pandemi coronavirus membuat Volta a Portugal batal berlangsung tahun ini. Kota-kota yang dilalui rute balapan ini merasa keberatan karena mereka masih berjuang untuk membereskan pandemi ini.

"Kedua entitas menyimpulkan bahwa kondisi yang diperlukan untuk Volta a Portugal ke-82 belum terpenuhi," bunyi pernyataan bersama antara pihak penyelenggara, Podium Events dan Federasi Bersepeda Portugal (FPC) seperti yang dilansir dari O Jogo, Kamis (25/6) malam.

Dalam pernyataan itu juga disebutkan bahwa Podium Events dan FPC saat ini sedang mempertimbangkan skenario lain. Mereka juga aktif mencari alternatif tanggal agar balapan ini masih bisa berlangsung tahun ini.

Sebenarnya masa lockdown di Portugal mulai dicabut sejak Mei lalu. Akan tetapi kota-kota di sana memberlakukan aturan social distancing yang ketat. Selain itu, mulai awal pekan ini pemerintah Portugal mulai memberlakukan jam malam dan pembatasan lainnya di wilayah Lisbon.

Dua kota, yakni Viseu dan Viana do Castelo memastikan tak akan menjadi tuan rumah etape Volta a Portugal 2020 seperti yang sudah direncanakan. Sebab pandemi coronavirus belum sepenuhnya berakhir. "Kami menyarankan penundaan," kata Wali Kota Viseu Almeida Henrique seperti yang dikutip dari Cyclingnews.

Sebelumnya, penyelenggara Vuelta a Espana merilis rute baru untuk musim 2020. Vuelta tahun ini seharusnya melintasi tiga kota di Portugal, yakni Porto, Matosinhos dan Viseu. Akan tetapi, rencana itu batal karena pandemi Covid-19.

"Sayang sekali Vuelta tidak bisa mengunjungi Portugal tahun ini. Tapi kami akan menjaga hubungan ini tetap baik,” kata Direktur La Vuelta Javier Guillen pada pertengahan Juni lalu.(mainsepeda)

Episode Baru Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray:


Audionya bisa juga didengarkan di Spotify

Foto: Filipe Amorim/Global Imagens


COMMENTS