Lotto Soudal Andalkan Caleb Ewan di Tour de France

Lotto Soudal telah menentukan komposisi pembalap yang akan diturunkan di Tour de France 2020 pada 29 Agustus-20 September nanti. Tim asal Belgia tersebut bakal menurunkan nama-nama andalan seperti Caleb Ewan, Philippe Gilbert, Thomas De Gendt, dan John Degenkolb.

Daftar pembalap Lotto soudal untuk Tour de France 2020 diumumkan Selasa (23/6) malam. Mereka diperkuat lima rider Belgia, yaitu Gilbert, De Gendt, Tim Wellens, Jasper De Buyst dan Steff Cras. Nama terakhir merupakan muka baru di tim ini. Sebelumnya ia memperkuat Katusha–Alpecin.

Lotto Soudal juga menurunkan dua pembalap Jerman Kluge dan John Degenkolb. Degenkolb adalah wajah baru yang musim lalu membela Trek-Segafredo. Nama terakhir tentu saja salah satu sprinter terbaik di dunia saat ini, yaitu Caleb Ewan dari Australia. Tomasz Marczynski dan Frederik Frison diplot sebagai cadangan.


"Kami sudah mengumumkan pilihan kami untuk Tour de France karena kami tidak ada gunannya menunggu hingga balapan pertama pada Agustus nanti," kata CEO Lotto Soudal John Lelangue seperti yang dilansir La Dernière Heure. Ia menegaskan bahwa timnya menargetkan kemenangan etape, bukan general classification (GC).

"Ini sudah terlambat, dan kami tahu di mana pembalap kami dalam persiapan mereka. Setiap orang telah bekerja sangat keras dalam beberapa pekan terakhir, kami tidak akan memiliki kejutan. Kami akan terus membangun tim ini agar siap untuk Tour de France," imbuhnya.

Ewan sendiri tampil sangat bagus saat menjalani debutnya di Tour de France musim lalu. Ia berhasil menjuarai etape 11, etape 16 dan etape 21 di Tour de France 2019. Musim ini ia merebut kemenangan di etape 2 dan etape 4 di Tour Down Under. Ewan juga memenangkan green jersey di UAE Tour 2020.

"Kami percaya dengan Caleb karena ia adalah salah satu sprinter tercepat. Kami juga memiliki John Degenkolb. Jadi kami memiliki dua kartu yang dapat kami mainkan sebagai tim," kata Manajer Lotto Soudal John Lelangue seperti yang dilansir Cyclingnews.


Enam kali berpartisipasi di Tour de France membuat Degenkolb percaya diri bisa tampil maksimal di tim. Ia juga membidik sejumlah kemenangan etape di Perancis nanti. "Tujuan utamanya adalah memenangkan sprint sebanyak mungkin dengan Caleb. Jika ada kesempatan, saya juga akan menang," kata pembalap 31 tahun itu.

Lotto Soudal juga mengonfirmasi bahwa Ewan akan turun di Giro d'Italia 2020. Ewan akan berkolaborasi dengan Carl Fredrik Hagen yang berhasil finis kedelapan di Vuelta a Espana 2019. Lotto Soudal juga menurunkan dua pembalap baru, yakni Matthew Holmes dan Kobe Goossens di Italia.

Sedangkan De Gendt akan membalap untuk Lotto Soudal di Vuelta a Espana musim ini. Ia akan ditandemkan bersama Sander Armee, Tomasz Marczynski, Tosh Van der Sande, dan pembalap muda Harm Vanhoucke.(mainsepeda)

Episode Baru Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray:


Audionya bisa juga didengarkan di Spotify

Foto: Photo News, Getty Images, Bettini Photo


COMMENTS