Il Lombardia 2020 Digelar 15 Agustus

Union Cycliste Internationale (UCI) resmi mengubah jadwal Il Lombardia 2020. Pelaksanaan salah satu balapan Monumen ini berpindah dari 31 Oktober menjadi 15 Agustus. Jadwal Il Lombardia tahun ini akan tumpang-tindih dengan Criterium du Dauphine.

Dalam maklumatnya Jumat (12/6) malam, UCI memastikan perubahan sejumlah agenda balap sepeda musim ini. Il Lombardia termasuk di antaranya. Jika tahun lalu pembalap menyusuri rute dari Bergamo ke Como pada awal Oktober, khusus tahun ini balapan akan berlangsung Agustus.

Sebelum jadwal baru ini diumumkan, RCS Sport sebagai penyelenggara meminta agar Il Lombardia digelar 8 Agustus dan Milan–San Remo berlangsung 15 Agustus. UCI memang menjadwalkan kedua race itu di Agustus. Hanya saja tanggalnya tidak sesuai dengan harapan RCS Sport.

Meski demikian mereka legawa. Toh Italia akan menggelar lima event on day race pada paruh pertama Agustus. Diawali dengan Strade Bianche (1 Agustus), lalu Milano-Torino (5 Agustus), lalu Milan–San Remo (8 Agustus), kemudian Gran Piemonte (12 Agustus) dan Il Lombardia (15 Agustus).

"Kami mengakui kalender yang diterbitkan hari ini (Jumat) oleh UCI. Sesuai tradisi, Strade Bianche akan membuka musim balapan satu hari dan Milano-Sanremo akan menjadi balapan Monumen pertama. Diikuti oleh Il Lombardia," kata RCS Sport dalam siaran persnya.


Saat ini RCS Sport berupaya keras untuk memastikan bakalan berlangsung aman. Selain itu, mereka berusaha mengatur balapan dengan cara terbaik. Menurut mereka, kalender anyar tersebut akan menjadi tantangan sekaligus sejarah untuk balap sepeda dunia.

"Karena balapan ini belum pernah diadakan pada periode ini, dan dapat melambangkan restart negara kami dan olahraga kami," imbuhnya.

UCI juga mengumumkan perubahan tanggal Tour of Guangxi (Tiongkok) dari 15-20 Oktober menjadi 5-10 November. Serta The EuroEyes Cyclassics Hamburg (Jerman) digelar pada 3 Oktober nanti. Sedangkan Eschborn-Frankfurt (Jerman), RideLondon-Surrey Classic (Inggris) dan Travers la Flandre (Belgia) resmi batal.

Jadwal Women's WorldTour juga direvisi. Tour of Guangxi (Tiongkok) akan digelar 10 November, Sementara tiga event balap, yakni Postnord UCI WWT Vargarda West Sweden TTT, UCI WWT Vargarda West Sweden RR (Sweden), dam Ladies Tour of Norway batal digelar.

UCI juga mengumumkan, Kejuaraan Dunia Track Junior 2020 akan ditunda setahun. Sementara Kejuaraan Dunia Maraton Sepeda Gunung UCI 2021 yang dijadwalkan berlangsung di Manizales (Kolombia), kini pindah ke Elba (Italia).(mainsepeda)

Foto: Il Lombardia, UCI


COMMENTS