Bebas dari Corona, Slovenia Langsung Bikin Kejurnas Balap Sepeda

Slovenia menjadi negara Eropa pertama yang menyelenggarakan kejuaraan nasional (kejurnas) road race setelah pandemi coronavirus. Ajang ini akan digelar pada 21 Juni mendatang. Jika benar-benar berlangsung, event ini diklaim menjadi balapan resmi UCI pertama setelah pandemi Covid-19.

Pandemi ini membuat Union Cycliste Internationale (UCI) menangguhkan agenda balap sepeda sejak pertengahan Maret lalu. Jadwal WorldTour baru akan dimulai pada 1 Agustus nanti. UCI telah menginstruksikan negara-negara yang menjadi anggotanya untuk menggelar kejurnas road race pada 22-23 Agustus.

Slovenia, yang sudah mendeklarasikan bebas dari epidemi coronavirus sejak medio Mei, mengambil langkah spektakuler. Federasi Balap Sepeda Slovenia (KZS) memastikan bahwa kejurnas road race akan berlangsung sesuai jadwal, yakni 21 Juni.

Event tersebut akan berlangsung di Cerklje na Gorenjskem dan finis di tanjakan Ambroz pod Krvavec. Untuk kategori men Elite dan men U-23 akan menempuh jarak 146 kilometer. Sedangkan kategori women Elite dan women U-23 akan membalap di lintasan sejauh 68 kilometer.

"Karena semua pembalap terbaik masih di rumah saat ini, kami sedikit bergegas menggelar kejuaraan nasional," kata Wakil Presiden KZS Martin Hvastija dalam laman resminya.

"Tentu saja beberapa orang memiliki kekhawatiran akan performa para pembalap. Tetapi selama ini semua orang sedang mempersiapkan periode padat yang mengikuti segera setelahnya, dengan persiapan ketinggian dan awal musim pada Agustus nanti," imbuhnya.

KZS mengklaim kejuaraan ini akan diikuti dua bintang balap sepeda Slovenia, Primoz Roglic (Jumbo-Visma) dan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates). Hanya saja baik Roglic maupun Pogacar belum mengonfirmasi apakah mereka akan ambil bagian di kejuaraan ini atau tidak.

Kabarnya, Roglic akan mengikuti pemusatan latihan Jumbo-Visma pada mulai nanti. Selanjutnya, jawara Vuelta a Espana 2019 akan turun di Tour de l’Ain dan Critérium du Dauphiné. Sedangkan Pogacar akan ambil bagian di Strade Bianche pada 1 Agustus nanti.

Sementara itu, kejurnas road race Slovenia 2019 berhasil dimenangkan oleh Domen Novak (Bahrain McLaren). Sementara dua pembalap tim Adria Mobil, Gasper Katrasnik dan Marko Kump menempati posisi kedua dan ketiga.(mainsepeda)

Foto: Tour of Slovenia, La Flamme Rouge, Getty Images


COMMENTS