UCI Rilis Jadwal Baru, Kejuaraan Dunia 2020 Tetap di Swiss
by - May 20, 2020

Setelah mengumumkan jadwal baru WorldTour dan Women’s WorldTour, UCI akhirnya merilis revisi jadwal untuk keseluruhan agenda balap sepeda road race musim 2020. Jadwal baru ini mencakup keseluruhan kelas. Mulai dari UCI ProSeries, Class 1, Class 2, UCI Nations’ Cup, Under-23 dan Junior, serta criterium.

Secara keseluruhan UCI (Union Cycliste Internationale) telah menentukan tanggal baru untuk 91 event road race. Terdiri dari 61 ajang Men Elite, 19 event Women Elite, 6 agenda Men Under-23, 4 ajang Men Junior, dan 1 event Women Junior.

"Kami baru saja mengambil langkah baru dan penting untuk kembali ke kompetisi bersepeda," ucap Presiden UCI, David Lappartient dalam keterangan resminya, Selasa (19/5) malam.

Jadwal baru ini merupakan revisi setelah adanya pandemi coronavirus di hampir seluruh wilayah di dunia. Pandemi ini membuat 1000 acara dibatalkan dan ditunda sejak Maret. Jumlah tersebut setara dengan 45 persen dari kalender balap sepeda UCI.

Demi keamanan dan kesehatan semua pihak, kalender balap sepeda ini akan dievaluasi terus-menerus untuk mengikuti perkembangan situasi kesehatan dunia.

"Kami akan beradaptasi dengan konteks apa pun jika perlu. Akan tetapi, kami dapat merasa senang bahwa olahraga kami semakin menentukan kerangka kerja keseluruhan. Sehingga memungkinkan kami mengantisipasi pengembalian ke normal," imbuh Lappartient.

Dalam revisi jadwal termutahir itu, UCI memastikan bahwa kejuaraan dunia road race tetap berlangsung di Aigle-Martigny, Swiss pada 20-27 September. Sebelumnya, tersiar kabar bahwa event ini akan dipindah ke Timur Tengah.

Untuk ajang balap sepeda roac race di Indonesia, UCI memastikan penyelenggaraan Tour d'Indonesia 2020 akan digelar pada 24-29 Agustus nanti. Sementara International Tour de Banyuwangi Ijen digelar pada 6-9 Oktober mendatang.

"Saya berterima kasih kepada mitra kami. Khususnya Federasi Nasional karena memungkinkan kami untuk menetapkan tanggal baru ini secepat mungkin," tutur Lappartient.(mainsepeda)

Kalender baru UCI road race bisa diakses di sini.


COMMENTS