Menpora Prancis: Tour de France 2020 Terbuka untuk Penonton

Menteri Olahraga Prancis, Roxana Maracineanu mengubah pandangannya tentang Tour de France. Maracineanu sempat mengusulkan agar Tour de France 2020 digelar tanpa penonton. Kini, dengan jadwal baru untuk ajang balap sepeda paling bergengsi di dunia ini, Maracineanu meminta penonton harus diizinkan untuk menyaksikan Tour de France.

Dalam sebuah wawancara dengan Radio France Bleu pada akhir Maret lalu, Maracineanu mengusulkan agar balapan ini berlangsung tanpa penonton. Menurut peraih medali perak di cabang olahraga renang Olimpiade 2000 ini, ketiadaan penonton bisa memutus pandemi coronavirus di negaranya.

Bos Amaury Sport Organisation (ASO), Christian Prudhomme bereaksi dengan menolak usulan menteri kelahiran Bucharest, Rumania tersebut. Prudhomme menegaskan bahwa para penonton tetap bisa menyaksikan Tour de France 2020 secara langsung dari pinggir jalan.


Sebulan berselang dan Maracineanu langsung merevisi pernyatannya pada penghujung April kemarin. Ia beralasan, karena Tour de France 2020 akan dimulai pada 29 Agustus hingga 20 September, maka penonton harus diizinkan untuk menyaksikan balapan dari pinggir jalan.

"Jika keadaan terus membaik pada bulan September, acara besar seperti Roland Garros dan Tour de France akan berlangsung. Dua acara ini bisa disaksikan secara langsung oleh penonton," kata pejabat berusia 44 tahun itu.

Beberapa waktu lalu Perdana Menteri Prancis, Edouard Philippe melarang penyelenggaraan agenda olahraga berskala besar hingga September mendatang. Akibatnya, kompetisi sepak bola Ligue 1 dihentikan dan paris Saint-Germain (PSG) dinyatakan sebagai juara.

Menurutnya Tour de France bisa menerapkan sistem yang telah digunakan di balapan Paris-Nice, medio Maret lalu. Sistem tersebut adalah membatasi jumlah penonton yang berada di area start dan finis. Sistem ini terbukti berhasil dan balapan Paris-Nice bisa diselesaikan meski dengan memangkas satu etape.

Maracineanu menambahkan, pemerintah terus memantau perkembangan pandemi ini. Apalagi hingga saat ini belum ada satu pun pihak yang bisa memastikan kapan pandemi ini selesai. Maracineanu mengaku selalu berkoordinasi secara teratur dengan ASO. "Terserah mereka untuk memberi tahu kami kapan perlu memutuskan," jelasnya.(mainsepeda)

Foto: Getty Images, AFP


COMMENTS