Tips Membersihkan Sepeda ala Mekanik EF Pro Cycling, Cukup 10 Menit Saja
by - April 28, 2020

Perkenalkan. Namanya Geoff Brown. Ia adalah seorang mekanik sepeda profesional kelahiran Ottawa, Kanada. Brown sudah malang melintang di dunia balap sepeda profesional. Bahkan, ia temasuk mekanik senior di olahraga ini. Brown saat ini menjabat sebagai kepala mekanik di tim WorldTour, EF Pro Cycling.

Pengalaman Brown di dunia balap sepeda sungguh luar biasa. Ia telah berpartisipasi dalam lebih dari 25 edisi Tour de France. Cycling Magazine menyebutnya sebagai veteran di olahraga ini. Ia telah melayani banyak pembalap hebat sepanjang kariernya. Salah satunya adalah Lance Amstrong.

Nah, dalam sebuah artikel di laman resmi EF Pro Cycling, Brown membagikan tips tentang tata cara mencuci sepeda. Pria ini telah mencuci ribuan, bahkan puluhan ribu sepeda selama lebih dari dua dekade kariernya di olahraga ini.

Oleh karena itu, tak mengherankan apabila Geoff Brown dapat mencuci sebuah sepeda dalam kurun waktu sepuluh menit. Sekarang, Brown akan berbagi tips kepada Anda tentang tata cara mencuci sepeda yang bersih dan cepat ala tim WorldTour.

Sebelumnya, siapkan beberapa alat untuk membersihkan sepeda Anda.

1. Siapkan sebotol bike degreaser atau cairan pembersih sepeda.

2. Sediakan satu ember air yang berisi campuran sabun cuci piring dan degreaser. Brown menggunakan skala dua banding satu. Dua bagian sabun untuk satu bagian degreaser. Tapi skala ini bukan aturan baku. Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan situasi masing-masing.

3. Siapkan setidaknya dua spons. Satu spons lama untuk membersihkan bagian rantai dan sekitarnya. Kemudian spons yang lebih bersih digunakan untuk membersihkan frame.

4. Sediakan sikat untuk membersihkan celah dan setiap sudut sepeda Anda.

5. Siapkan selang taman atau dari mesin pembersih. Tentu dengan pipa yang tersambung ke saluran air.

6. Sediakan dudukan atau penyangga untuk meletakkan frame sepeda Anda.

Jika semua alat sudah siap, yuk simak bagaimana Geoff Brown membersihkan sepeda dalam waktu sepuluh menit saja. Semuanya terangkum dalam video singkat di bawah ini.(mainsepeda)


COMMENTS