Stefan Kung Juara di Kandang Sendiri

Pembalap andalan Swiss, Stefan Kung tak terbendung di etape kedua Tour de Suisse Digital Swiss 5, Kamis (23/4) malam. Rider Groupama-FDJ ini menjeadi pemenang setelah menyelesaikan balapan sirkuit sejauh 46 kilometer di Frauenfeld dengan catatan waktu 54 menit 30 detik.

Komposisi pembalap yang diturunkan masing-masing tim di etape kedua mengalami perubahan. Team Ineos tak lagi mengandalkan Rohan Dennis. Peran juara etape pertama Digital Swiss 5 ini digantikan Filippo Ganna, Chris Lawless, dan Ian Stannard.

Kung tampil dominan sejak awal balapan. Ia mengendalikan sepenuhnya balapan empat lap di sirkuit sepanjang 11,5 kilometer tersebut. Sejak menggebrak pada awal lomba, Kung hampir tak terkejar. Mulanya Kung dibuntuti oleh Michael Matthews (Team Sunweb) dan Greg Van Avermaet (CCC Team).


Hanya saja Matthews dan Van Avermaet tak mampu memangkas gap dengan Kung. Keduanya berhasil disalip Filippo Ganna (Team Ineos) pada 10 kilometer pertama. Dari sana komposisi pembalap yang berada di garis terdepan mulai tertata. Kung memimpin lomba disusul Ganna. Sedangkan Matthews dan Van Avermaet saling berebut posisi ketiga.

Pada akhirnya Kung menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis. Ia membukukan catatan waktu 54 menit 30 detik. Ganna finis kedua dengan selisih 47 detik atas Kung. Sementara pertempuran sengit antara Matthews berhasil mengamankan tempat ketiga dengan gap 1 menit 28 detik.


Kung mengatakan bahwa ini adalah balapan yang sulit. Ia harus tancap gas selama hampir satu jam penuh. Dalam wawancara seusai lomba, Kung juga mengaku jika dirinya sangat mengenal medan di etape kedua Digital Swiss 5 ini. Sebab lokasinya tak jauh dari rumahnya.

"Ini benar-benar seperti pertandingan kandang untuk saya. Sebab lokasi rutenya hanya hanya berjarak satu kilometer dari rumah saya. Jadi saya harus membela kehormatan saya," aku juara ITT Swiss tersebut.(mainsepeda)

Hasil Etape 2 Digital Swiss 5 (Sepuluh Besar)

1. Stefan Kung (Swiss), Groupama-FDJ 54 menit 30 detik

2. Filippo Ganna (Italia), Team Ineos +47 detik

3. Michael Matthews (Australia), Team Sunweb +1,28

4. Greg Van Avermaet (Belgia), CCC Team +1,32

5. Matteo Dal-Cin (Kanada), Rally Cycling +2,24

6. Stephen Bassett (Amerika Serikat), Rally Cycling, +2,30

7. Rasmus Tiller (Norwegia), NTT Pro Cycling +2,40

8. Kamil Gradek (Polandia), CCC Team +2,42

9. Michael Schar (Swiss), CCC Team +2,47

10. Mitchell Docker (Australia), EF Pro Cycling, +3,21


COMMENTS