Rohan Dennis Lanjutkan Sukses Balapan Virtual

Ajang balapan virtual kembali berlangsung untuk para bintang WorldTour. Kali ini, ada Digital Swiss 5, sebuah lomba lima etape yang berlangsung 22-26 April ini. Total 19 tim berpartisipasi, 16 dari WorldTour, dan masing-masing menurunkan sedikitnya lima pembalap.

Digital Swiss 5 adalah lomba "pengganti" Tour de Suisse 2020, yang sudah resmi di-cancel karena pandemi Covid-19. Karena itu, rute-rutenya adalah pegunungan di Swiss, menggunakan platform digital Rouvy. Semua pembalap "berlomba" di rumah atau tempat karantina masing-masing, menggunakan smart trainer.

Rabu lalu (22/4, Kamis dini hari WIB), etape pertama berlangsung 26,6 km, menempuh rute digital dari Agarn ke Leukerbard, melewati dua tanjakan panjang. Rouvy agak beda dengan Zwift, karena gambarnya menggunakan basis video yang direkam di jalan beneran, kemudian avatar para pembalap seolah gowes di dalam video gambar beneran itu.

Bedanya lagi dengan Zwift, tidak ada fitur drafting (curi angin) di Rouvy. Sehingga para pembalap pada dasarnya tancap gas sekuat mungkin mengejar kemenangan.

Tak heran, karena ini seperti time trial, juaranya pun juara dunia time trial. Rohan Dennis (Team Ineos), sukses meraih kemenangan, mencatat waktu 53 menit dan 7 detik. Dia unggul lebih dari satu menit atas Nicholas Roche, andalan Team Sunweb. Sedangkan James Whelan (EF Pro Cycling) melengkapi podium tak jauh di belakang Roche.

Beberapa waktu lalu, Dennis menang lomba virtual lain lewat platform Zwift. Mengalahkan rekan-rekannya di Team Ineos di rute Tour of Fire and Ice.

Usai lomba, para pembalap mengaku merasa "aneh" dengan format lomba di era pandemi ini. "Ini bukan time trial, ini bukan sprint. Ini lebih mirip tantangan mental. Tapi, yang jelas, kita tetap harus dalam kondisi terbaik," tutur Roche.

Rekan setim Roche, Chris Hamilton, mampu finis keempat. Dia mengaku ini balapan yang sangat berat. "Ini hal terberat yang pernah saya lakukan. Ini satu jam terberat dalam hidup saya. Tapi cukup menyenangkan," tukasnya.

Etape kedua Digital Swiss 5 akan berlangsung lebih panjang, 46 km, mengelilingi sirkuit di Frauenfeld. Mampukah yang lain mengalahkan Dennis? (mainsepeda)

Hasil Etape 1 Digital Swiss 5 (Top Ten)

1. Rohan Dennis (Australia), Team Ineos 53 menit 7 detik

2. Nicolas Roche (Irlandia), Team Sunweb + 1:10

3. James Whelan (Australia), EF Pro Cycling + 1:28

4. Chris Hamilton (Australia), Team Sunweb + 1:39

5. Ben O'Connor (Australia), NTT Pro Cycling + 2:04

6. Luke Durbridge (Australia), Mitchelton-Scott + 2:17

7. Remco Evenepoel (Belgia), Deceuninck-QuickStep + 2:37

8. Pieter Serry (Belgia), Deceuninck-QuickStep + 3:14

9. Lawson Craddock (AS), EF Pro Cycling + 3:15

10. Cameron Wurf (Australia), Team Ineos + 3:35


COMMENTS