Tour of Flanders 2020 Upayakan Digelar September

Tour of Flanders 2020 masih bisa dilangsungkan tahun ini. Salah satu balapan Momumen tersebut dapat digelar pada 19 September mendatang. Hanya saja pihak penyelenggara Tour de Flanders harus berkoordinasi dengan Union Cycliste Internationale (UCI) terkait hal ini.

Tour of Flanders 2020, dikenal pula dengan Ronde van Vlaanderen, seharusnya berlangsung Minggu (5/4) kemarin. Akan tetapi pandemi coronavirus membuat balapan ini ditunda. Sebagai pengganti, pihak penyelenggara menggelar balapan virtual yang diikuti 13 pembalap dari delapan tim. Tak disangka, respon terhadap balapan virtual ini sungguh luar biasa.


Terbaru, Philip Beke dari penyelenggara balapan Primus Classic menawarkan slot mereka untuk digunakan Tour of Flanders 2020. Artinya, balapan terbesar di Belgia ini mungkin berlangsung 19 September nanti. "Sudah ada diskusi. Kami mungkin menyerahkan tempat kami. Tapi dengan syarat bahwa sponsor kami setuju," kata Beke kepada Het Laatste Nieuws.

Primus Classic, dikenal pula dengan GP Impanis-Van Petegem, adalah balapan single-day yang berlangsung di Flemish Brabant, Belgia. Balapan ini telah berlangsung sejak 1982 silam. Edward Theuns (Trek–Segafredo) adalah pembalap yang memenangkan edisi 2019 kemarin.

CEO Flanders Classics, Tomas Van Den Spiegel membenarkan jika mereka telah melakukan pembicaraan dengan penyelenggara Primus Classics. Hanya saja, keputusan untuk menetapkan tanggal baru De Ronde 2020 bukan berada di pihaknya. "Adalah UCI yang akan memutuskan seperti apa nantinya," kata Van Den Spiegel kepada Het Nieuwsblad.

Van Den Spiegel memang masih berusaha agar De Ronde 2020 tetap berlangsung tahun ini. Pelbagai peluang sudah mereka jajaki. Salah satunya dengan menggunakan slot kalender milik Primus Classic. Van Den Spiegel mengatakan, penting bagi pihaknya untuk memiliki sejumlah opsi,

"Bagus bahwa skenario seperti itu dapat dibahas. Akan tetapi, hingga saat ini saya belum bisa menyebutnya sebagai plan B. Saat ini adalah ranahnya UCI untuk memutuskan," bilangnya.


Saat ini UCI telah telah menangguhkan seluruh agenda balapan hingga 1 Juni nanti. Dalam press release-nya, Rabu (1/4) kemarin, UCI menegaskan jika bahwa mereka memprioritaskan tiga ajang Grand Tour, dan lima balapan Monumen (Milan–San Remo, Tour of Flanders, Paris–Roubaix, Liege–Bastogne–Liege, dan Il Lombardia).(mainsepeda)

Foto: Tour of Fladers


COMMENTS