Cyclist Disarankan Menggunakan Masker Saat Bersepeda
by - April 08, 2020
Cyclist Disarankan Menggunakan Masker Saat Bersepeda
by MainSepeda - April 08, 2020

Pandemi coronavirus membuat semua orang harus sadar akan kesehatannya, dan orang lain. Menggunakan masker adalah cara aman untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari potensi penularan virus ini. Lalu, apakah masker dianjurkan saat bersepeda?

Seorang dokter sekaligus ahli paru dari Colorado, dr. Hunter Smith menjawab pertanyaan ini melalui Velonews. Menurutnya, penting bagi orang untuk menyadari bahwa mereka mungkin menjadi carrier yang tidak menunjukkan gejala. Menggunakan masker yang tepat dapat menghindarkan dari kemungkinan itu.

Menggunakan masker saat pandemi coronavirus memiliki dua manfaat. Pertama, bagi mereka yang terinfeksi, masker dapat mencegah penularan penyakit ke orang lain. Kedua, bagi mereka yang tidak terinfeksi, masker dapat melindungi mereka dari risiko tertular penyakit ini.

Hanya saja, tak semua masker diciptakan sama. Masker N95 dan masker kelas medis lainnya, jelas diperuntukkan petugas medis profesional. Oleh karena itu, dr Smith menyarankan untuk menggunakan 'buff'. Di Indonesia, 'buff' banyak digunakan oleh kalangan biker. Juga digunakan oleh mereka yang gemar naik gunung.

"Buff bagus karena menutupi hidung dan mulut dengan aman. Semua udara yang masuk dan keluar cukup disaring. Ini solusi yang bagus untuk pesepeda dan pelari," kata dr Smith.

Meski disarankan, penggunaan masker juga tergantung rute serta jumlah orang di sekitar cyclist. Jika rutenya dipenuhi banyak orang yang tidak dapat menjaga jarak, maka penggunaan masker sangat dianjurkan. Kemudian, jika harus menyentuh suatu benda selama di jalan, disarankan untuk membersihkan tangan terlebih dulu sebelum menyentuh wajah.

"Jika cyclist berencana untuk berhenti di toko atau berinteraksi dengan seseorang selama perjalanan, lebih baik untuk membawa buff atau masker," katanya. Ia juga memperingatkan untuk menghindari bersepeda dengan berkelompok. Lebih baik bersepeda sendirian, atau solo ride.

dr Smith juga memberikan sejumlah saran. Pertama, jika cyclist merasa tidak enak badan, lebih baik tetap di rumah. Kedua, aturan social distancing juga berlaku dalam bersepeda. Lebih baik tidak bersepeda dengan kelompok dan tidak berkumpul di tempat umum. Ketiga, gunakan masker ketika dekat dengan orang lain.

Ia juga menegaskan akan pentingnya menjaga kebersihan, dan mencuci tangan setelah memegang suatu barang.(mainsepeda)

Foto: Getty Images


COMMENTS