Cyclist, Lakukan 5 Aktivitas ini Saat #StayAtHome

Ayo ikuti arahan pemerintah dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Berada di rumah adalah cara terbaik di tengah pandemi coronavirus seperti saat ini. Walaupun sedang mengisolasi diri, bukan berarti Anda akan dijauhkan dengan kegiatan yang berhubungan dengan bersepeda.

Anjuran untuk berada di rumah tak sepatutnya digunakan untuk bermalas-malasan. Ada berbagai kegiatan positif yang bisa dilakukan untuk mengusir kebosanan. Cycling UK telah memformulasikan pelbagai aktivitas yang membuat Anda tetap sibuk di rumah. Berikut lima di antaranya:

1. Mencuci Sepeda



Kegiatan ini bisa dilakukan saat ketika sedang self quarantine seperti sekarang. Mencuci tak hanya menghilangkan kotoran di sepeda. Aktivitas ini juga membuat sepeda melaju lebih cepat. Yakin lah bahwa sepeda yang dicuci sendiri oleh pemilihnya akan jauh lebih bersih daripada biasanya.

2. Waktunya Merawat Sepeda


Berada di rumah memberi Anda waktu untuk mengutak-atik tunggangan Anda. Coba cek seluruh partikel di sepeda Anda. Mulai dari roda, rem, groupset, dan lainnya. Periksa apakah kondisinya masih bagus atau usang. Kemudian setel ulang apabila ada bagian yang dirasa kurang pas.

 

3. Merapikan Ruang Sepeda

Sejumlah cyclist memiliki sebuah ruangan khusus sepeda. Selain untuk menyimpan sepeda, juga terdapat space yang disulap seperti bengkel mini. Nah, masa berada di rumah saat ini adalah waktu terbaik untuk merapikan ruangan itu. Tempatkan semua peralatan ke sesuai dengan fungsinya. Pastikan semua kembali rapi dan teratur.

 

4. Merancang Rute Gowes Berikutnya

Pandemi coronavirus tak melarang Anda untuk tetap bersepeda. Hanya saja ada sejumlah anjuran yang harus ditaati. Misal seperti bersepeda sendirian (solo ride), atau menghindari kegiatan nongkrong sebelum atau sesudah gowes.

Nah, berada di rumah bisa Anda manfaatkan untuk menyusun rute-rute yang ingin dituju. Anda bisa menyusun daftar destinasi gowes yang ingin Anda tuju setelah kondisi mulai membaik nantinya. Pasti sangat menyenangkan jika rute-rute yang sudah disusun, dapat terealisasi di kemudian hari.

 

5. Bersepeda lah!

Ada berbagai teknik dalam bersepeda. Teknik-teknik itu bisa Anda pelajari pada masa isolasi diri seperti saat ini. Kemudian, silahkan bersepeda. Tapi jangan jauh-jauh dulu ya. Lebih baik gowes di dalam kota atau di sekitar tempat tinggal Anda.

Selain itu, dianjurkan untuk gowes sendirian. Jika kurang asik, silahkan ajak teman. Tapi satu saja ya. Kalau gowes bareng kawan, jangan lupa jaga jarak. Minimal dua meter!(mainsepeda)

Foto: gearhungry, bikeradar, red bull, amishmatt/bikemag, T3


COMMENTS