Herbana Bromo KOM Challenge 2020
Lima Tips Nanjak di Bromo untuk Folding Bike dan Brompton ala Johnny Ray
by - March 02, 2020

Event tahunan Herbana Bromo KOM Challenge 2020 semakin dekat. Kurang dari dua minggu lagi. Segala persiapan mulai dilakukan peserta. Persiapan fisik dan mental tak dapat ditinggalkan. Selain itu, peserta juga harus mempersiapkan tunggangan yang akan dipakai untuk menanjak ke Bromo.

Herbana Bromo KOM Challenge 2020 akan dilangsungkan 14 Maret nanti. Pesertanya lebih dari 1.400 cyclist dari 22 negara. Peserta dengan road bike akan start dari Surabaya. Sedangkan peserta kategori folding bike, dan Brompton start dari GOR Untung Suropati, Kota Pasuruan.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar dapat menaklukkan rute Bromo dengan tidak melebihi dari cut off time (COT) yang ditentukan oleh penyelenggara. Selain melakukan latihan menanjak, peserta juga banyak melakukan perubahan di sepedanya. Khususnya pada kelas folding bike dan Brompton.

Berikut lima tips untuk dapat melewati rute Bromo KOM Challenge 2020 ala Johny Ray:

1. Pelajari Rute yang Akan Dilalui
Kelas folding bike dan Brompton akan start di GOR Untung Surapati, Kota Pasuruan. Cyclist akan menempuh rute flat sebelum mulai start KOM, dan finis di Wonokitri.

Nah, ada baiknya jika Anda tahu berapa kilometer panjang medan flat tersebut. Serta gradien tanjakan yang akan dihadapi sampai finis. Sehingga Anda bisa bisa memperhitungkan kekuatan untuk menaklukkan rute ini.

2. Gunakan Rasio Gear yang Memudahkan untuk Menanjak
Ada baiknya Anda mengetahui kekuatan Anda. Dengan demikian, Anda bisa memilih rasio gear yang tepat untuk digunakan nanjak di Bromo. Tidak perlu meniru teman atau orang lain. Sebab pasti berbeda kekuatannya. Yang penting nyaman buat Anda. Sehingga rute tersebut dapat Anda lalui.

3. Jangan Lupa Minum
Untuk menghindari kehabisan stamina, Anda bisa minimalisasi dengan asupan makanan yang cukup. Serta minum air yang cukup. Jangan belebihan. Sebab konsumsi makanan, dan minuman yang berlebihan malah membuat Anda mual, dan semakin berat untuk menanjak.

4. Latihan, Latihan, Latihan Lagi
Ada waktu sekitar dua minggu lagi untuk memantapkan mental. Juga untuk mengatur strategi mengenai kapan harus push, kapan harus istirahat. Ayo semangat latihan!

5. Enjoy
Nikmati saja pemandangan di Bromo. Bromo menyajikan panorama luar biasa indah. Sebuah panorama yang jarang ditemui saat Anda gowes di dalam kota. Jadi nikmati lah!

Itu lah lima tips yang bisa saya bagikan. Ingat, Herbana Bromo KOM Challenge sudah semakin dekat. Persiapkan diri dengan baik agar finis sebelum COT.(Johnny Ray)


COMMENTS