Giacomo Nizzolo Menang untuk NTT, Daryl Impey Curi Ochre Jersey

Sprinter kembali menang di Etape 5 Tour Down Under (TDU) 2020, Sabtu (25/1). Namun, persaingan general classification (GC) kembali menjadi cerita utama. Menjanjikan pertarungan seru di etape penutup, di tanjakan Willunga Hill, Minggu (26/1).

Di etape sepanjang 149 km dari Glenelg ke Victor Harbor itu, dari awal para sprinter memang digadang-gadang kembali meraih kemenangan. Mereka hanya perlu "selamat" di tanjakan penutup, Kerby Hill, 20 km dari garis finis.

Walau sempat tercecer di tanjakan, para sprinter pada akhirnya memang kembali ke depan hanya 6 km sebelum finis. Tim-tim mereka lantas menata "kereta" sprint, berlomba menempatkan jagoan masing-masing di posisi terbaik menuju garis finis.

Kali ini, pasukan NTT Pro Cycling (sebelumnya bernama Dimension Data) tampil paling baik. Giacomo Nizzolo bisa lari duluan, tak terkejar oleh yang lain. Pembalap Italia itu meraih kemenangan di depan Simone Consonni (Cofidis) dan Sam Bennett (Deceuninck-QuickStep).

Usai etape, Nizzolo mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekannya, yang mau menunggunya di tanjakan lalu ngebut mengantarkannya kembali ke barisan depan. "Mereka melakukannya dengan sempurna," pujinya.

Dalam sebuah etape "normal," sukses Nizzolo dan NTT ini akan menjadi cerita utama. Namun, persaingan GC kembali menjadi sorotan terbesar. Pasalnya, Daryl Impey (Mitchelton-Scott) mampu mencuri sejumlah bonus detik di dua segmen intermediate sprint. Alhasil, bila sebelum etape dia tertinggal tiga detik di belakang Richie Porte di klasemen GC, maka setelah etape dia justru unggul dua detik di depan superstar Trek-Segafredo tersebut.

Ochre jersey (oranye) tanda pemimpin GC direbut oleh Impey.

Pembalap Afrika Selatan itu memang climber unik, punya kemampuan sprint. Itulah sebabnya dia mampu terus mengumpulkan bonus detik, mengantarkannya jadi juara overall TDU dua tahun terakhir.

Trek-Segafredo mencoba membendung Impey di intermediate sprint menggunakan sang juara dunia, Mads Pedersen. Namun tidak ada pembalap lain yang ikut menghalangi, sehingga Impey tetap mampu mencuri detik-detik krusial.

Dengan demikian, persaingan overall akan berlangsung man to man pada etape penutup, Minggu ini (26/1) di Willunga Hill. Para pembalap akan melintasi tanjakan itu dua kali. Dalam enam tahun terakhir, Richie Porte adalah King of Willunga, memenangi etape di tanjakan itu.

Minggu ini, Porte tak punya pilihan lain. Dia harus tancap gas semaksimal mungkin di Willunga Hill. Dengan harapan Impey copot dua detik di belakang atau lebih.

Jangan lewatkan etape penutup ini. Yang bisa ditonton via streaming di GCN Racing di YouTube! (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Tour Down Under 2020 (Top Ten)

1. Giacomo Nizzolo (Italia) NTT Pro Cycling 3:32:45

2. Simone Consonni (Italia) Cofidis

3. Sam Bennett (Irlandia) Deceuninck-QuickStep

4. Michael Morkov (Denmark) Decenuninck-QuickStep

5. Jasper Philipsen (Belgia) UAE Team Emirates

6. Andre Greipel (Jerman) Israel Syart-Up Nation

7. Kristoffer Halvorsen (Norwegia) EF Pro Cycling

8. Caleb ewan (Australia) Lotto Soudal

9. Fabio Felline (Italia) Astana

10. Daryl Impey (Afrika Selatan) Mitchelton-Scott

 

General Classification usai 5 dari 6 Etape

1. Daryl Impey (Afrika Selatan) Mitchelton-Scott 17:12:15

2. Richie Porte (Australia) Trek-Segafredo 0:00:02

3. Rob Power (Australia) Team Sunweb 0:00:09

4. Simon Yates (Inggris) Mitchelton-Scott  0:00:13

5. George Bennett (Selandia Baru) Jumbo-Visma  0:00:14

6. Diego Ulissi (Italia) UAE Team Emirates 0:00:17

7. Simon Geschke (Jerman) CCC Team 0:00:17

8. Rohan Dennis (Australia) Team Ineos 0:00:17

9. Dylan Van Baarle (Belanda) Team Ineos  0:00:17

10. Luke Hamilton (Selandia Baru) Mitchelton-Scott 0:00:25

Foto-Foto: Instagram NTT Pro Cycling

 


COMMENTS