Adelaide, Tempat Ideal untuk Pemanasan dan Bertemu Bintang

Australia termasuk paling jago menyelenggarakan event-event kelas dunia. Mulai dari tenis, balap mobil, motor, dan lain sebagainya. Di arena sepeda, Negeri Kanguru juga selalu menuai pujian luar biasa. Sudah sejak 1999 Kota Adelaide, negara bagian Australia Selatan, menjadi tuan rumah Tour Down Under (TDU). Seri pembuka ajang WorldTour.

Tahun ini, TDU diselenggarakan enam etape, 21-26 Januari mendatang. Sebelumnya, pada Minggu, 19 Januari, juga ada kriterium pemanasan di tengah Kota Adelaide.

Melanjutkan tradisi, TDU dirancang sebagai ajang "pemanasan" yang ramah untuk para superstar dunia. "Pemanasan," karena ini memang lomba pertama setelah para pembalap berlibur musim dingin di Eropa/Amerika. Juga "pemanasan," karena etapenya dirancang relatif pendek-pendek, usai dalam waktu tak sampai empat jam. Maksimal 150-an km.

Ramah untuk bintang juga bukan hanya karena rutenya relatif pendek-pendek. Ramah justru karena format lomba yang dirancang "hub and spoke." Seluruh kegiatan terpusat di Adelaide, lalu semua etape diselenggarakan di sekeliling kota ini.

Dengan demikian, para pembalap tak perlu pusing pindah-pindah hotel setiap hari. Sejak datang sampai pulang di Adelaide, mereka selalu menginap di hotel yang sama. Tepatnya di Hilton, di pusat kota.

Selain itu, TDU juga dikenal tak segan membayar ekstra untuk mendatangkan para superstar. Pada awalnya dulu, Lance Armstrong merupakan tontonan utama. Dalam beberapa tahun terakhir, juara dunia tiga kali Peter Sagan adalah tontonan utama. Tahun ini, Sagan absen, tapi ada begitu banyak nama besar hadir di Adelaide. Baik itu sprinter, allrounder, maupun climber.

Bukan hanya pembalap aktif, TDU juga aktif mendatangkan legenda untuk memuaskan para penggemar. Sebelum ini, Jens Voigt ditunjuk sebagai duta lomba. Pada 2020 ini, giliran legenda Classic Fabian Cancellara ditunjuk sebagai ambassador.

Karena semua pembalap selalu stay di tempat yang sama, TDU pun jadi lomba menyenangkan bagi penggemar balap sepeda. Ribuan cyclist datang dari berbagai penjuru dunia. Selain untuk menonton lomba dan merasakan rute lomba, juga untuk mencari peruntungan bertemu dengan para idola.

Caranya pun relatif gampang. Cukup hang out di sekitar Hilton, para pembalap akan keluar masuk secara rutin. Plus, di taman di depan hotel, ada pameran sepeda dan pesta rakyatnya. Jadi, para pembalap itu akan bergantian tampil di panggung, atau di booth-booth sponsor, untuk menyenangkan para penggemar.

Perwakilan media dari berbagai penjuru dunia juga berdatangan. Bagi mereka, yang menarik bukan sekadar meliput berlangsungnya lomba. Tapi juga melihat "senjata-senjata" baru para pasukan WorldTour.

Sangat sering, sepeda atau komponen terbaru dijajal untuk kali pertama di Adelaide. Pada 2017 misalnya, Pinarello Dogma F10 kali pertama nongol di Adelaide. Tahun ini, salah satu yang akan diperhatikan adalah tim-tim yang disokong Shimano. Karena gosip grupset 12-speed sudah mulai santer beredar! (bersambung) 

RUTE TOUR DOWN UNDER 2020

Minggu, 19 Januari

Down Under Classic (Criterium), Flinders Street Circuit, 51 km

 

Selasa, 21 Januari

Etape 1 - Tanunda Circuit, 150 km

 

Rabu, 22 Januari

Etape 2 - Woodside ke Stirling, 135 km

 

Kamis, 23 Januari

Etape 3 - Unley ke Paracombe, 131 km (tanjakan)

 

Jumat, 24 Januari

Norwood ke Murray Bridge, 152 km

 

Sabtu, 25 Januari

Glenelg ke Victor Harbor, 149,1 km

 

Minggu, 26 Januari

McLaren Vale ke Willunga Hill, 151,5 km (tanjakan)


COMMENTS