Agenda WorldTour di Australia Belum Terganggu Kebakaran Hutan

Saat ini perhatian masyarakat dunia sedang tertuju pada musibah kebakaran hutan di Australia. Pembicaraan peristiwa ini pun terjadi di berbagai platform media sosial. Tanda pagar (tagar) terkait hal ini trending beberapa hari terakhir. Meskipun tengah menjadi sorotan dunia, tapi kebakaran hutan di Australia masih belum dinyatakan mengganggu jadwal balapan sepeda di sana.

Event WorldTour yang dihelat di Australia dalam waktu dekat juga masih on schedule. Dalam waktu dekat ini ada dua agenda UCI WorldTour yang digelar di Australia. Yakni Santos Tour Down Under (21-26 Januari) dan Cadel Evans Great Ocean Road Race (2 Februari). Pihak penyelenggara dua event itu memastikan balapan tetap berjalan sesuai jadwal.

Kedua penyelenggara mengatakan sudah bekerja sama dengan pihak terkait untuk membantu memantau dampak kebakaran. Termasuk terkait kualitas udara dan potensi gangguan keselamatan lainnya. Yang membuat penyelenggara masih yakin dua event itu tak terdampak adalah titik api yang jauh dari rute balapan.

 

"Kami sedang berdiskusi dengan Dewan Adelaide Hills yang terus berkomitmen untuk menyaksikan jalannya Santos Tour Down Under," kata panitia penyelenggara dalam rilis yang diterima velonews.

Gambar-gambar yang beredar di media sosial memang menunjukkan seolah kebakaran di Australia begitu parah, dan terjadi di banyak titik. Namun yang kerap tak disadari netizen adalah Australia adalah negara dengan skala benua. Areanya sangat luas. Dan titik api yang digambarkan mengerikan itu jauh dari rute-rute penyelenggaran event WorldTour di Australia.

 

Daerah yang bisa dibilang paling dekat dengan lokasi kebakaran adalah Geelong. Lokasi ini ada tempat balapan Cadel Evans Great Ocean Road Race. Jarak lokasi itu dari titik apik sekitar 400 km. Tepat di sebelah barat daerah yang paling parah dilanda kebakaran hutan, yakni Victoria timur dan New South Wales bagian selatan.

Nah, sedangkan Adelaide yang menjadi tuan rumah Santos Tour Down Under malah lebih jauh lagi. Lokasi itu berada kira-kira 700 km lagi ke arah barat laut dari Geelong.

Dampak asap yang ditimbulkan dari kebakaran itu juga minim. Sebab angin kencang bergerak dari barat ke timur. Atau mengarah ke sepanjang pantai tenggara Australia. Lebih jauh dari tempat perlombaan dijadwalkan. Tak hanya sepeda, event olahraga lain yang berlangsung di Australia juga belum ada yang ditunda.(mainsepeda)

 


COMMENTS