Moreno Soeprapto jatuh hati dengan Brompton. Mantan pembalap yang banting setir menjadi legislator ini, sering gowes dengan menunggangi sepeda buatan Inggris ini. Termasuk ke kantor di Gedung DPR/MPR di Senayan.

Bersepeda bukan hal baru untuk politisi 37 tahun itu. Dulu, ketika akan  berlaga di lintasan balap, ia acap kali melemaskan otot dengan bersepeda. Berbagai jenis sepeda pun pernah ia coba. Mulai dari sepeda gunung, hingga folding bike.

Terkait Brompton, Moreno mengaku sudah mengetahui merek sepeda asal Inggris ini sejak beberapa tahun lalu. Adalah sang kakak, Ananda Mikola yang memperkenalkannya dengan salah satu sepeda lipat paling populer di dunia itu.

Moreno bercerita, Ananda sering berkeliling Jakarta, dan beberapa tempat di luar negeri dengan Brompton. Lambat laun ia pun tertarik. Apalagi, aktivitasnya di DPR membuatnya jarang berolahraga. Padahal dulu ia aktif di lari, tinju, dan kickboxing.

“Kemudian saya mencari olahraga yang tidak berbenturan dengan dengkul. Sebab saya ada beberapa cedera. Juga olahraga yang bersahabat dengan lingkungan. Akhirnya saya pilih bersepeda. Ternyata cocok. Ternyata bersepeda itu seru,” ungkap Moreno.

Moreno memilih Brompton sebagai tunggangan utamanya. Ia mulai rutin gowes sejak awal 2019. Pada pertengahan tahun ini, ia bergabung dengan salah satu komunitas Brompton yang ada di Jakarta. Namanya Brompsay Cycling Club.

Menjadi anggota komunitas membuat intensitas gowesnya meningkat. Setidaknya ia bisa gowes tiga kali dalam sepekan. Sabtu, dan Minggu menjadi hari wajib. Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjadi meeting point.

Jarak gowes anggota Komisi VII DPR RI ini pun bervariasi. Mulai dari 30 kilometer hingga 50 kilometer. Setelah pemanasan dengan nge-loop di SUGBK, Moreno dan rekan-rekannya berkeliling Jakarta dengan Brompton.

“Nggak cuma melewati jalan protokol. Biar tidak bosan, kami juga gowes melewati jalan kecil-kecil,” ujar atlet terbaik 2005 tersebut.

Moreno juga mengaku sering gowes untuk ngantor di Gedung DPR/MPR di Senayan. Rupanya bike to work ala Moreno Soeprapto ini membuat anggota DPR lainnya kepincut. Salah satu yang mengikuti jejaknya adalah Maman Abdurrahman dari Komisi VII.

Memasyarakatkan bersepeda di kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menjadi salah satu misi Moreno. Apalagi, selain membuat badan sehat, bersepeda adalah olahraga yang ramah lingkungan.

“Ada satu-dua teman yang tertarik ikut bersepeda ke kantor. Saya bilang ke teman-teman, jangan langsung gowes ke kantor, kita gowes dulu di GBK atau keliling-keliling Jakarta. Setelah itu baru ke kantor naik sepeda,” ungkapnya.

Walaupun baru setahun intens bersepeda, Moreno mengaku sudah mendapatkan manfaat besar dari olahraga ini. Badannya semakin fit. Ia juga sering mematok target jarak gowes yang harus ditempuh dalam sebulan.

Gaya hidupnya pun semakin sehat. Apabila janjian nongkrong dengan kawan-kawannya, Moreno memilih bersepeda untuk menuju lokasi pertemuan. “Selain itu, bersepeda dengan Brompton ini seru. Bajunya bisa santai-santai tetapi tetap berkeringat,” akunya.(mainsepeda)

 

Foto: Dokumen Pribadi Moreno Soeprapto


COMMENTS