Tahun 2020 nanti, perang teknologi menjadi sangat ramai di arena track alias velodrome. Demi mengejar medali emas di Olimpiade Tokyo, beberapa produsen merilis sepeda termutakhir. Dari Inggris, Hope dan Lotus sudah berkolaborasi mempersenjatai Tim Inggris. Sekarang, Pinarello merilis MAAT, sebagai "hadiah" untuk Tim Italia.

Federasi balap sepeda dunia, UCI, memang mengendurkan regulasi ketat desain sepeda track. Alhasil, banyak produk baru bermunculan, mengoptimalkan bentuk demi meraih angka aerodinamika dan stiffness yang diinginkan.

Lewat MAAT, Pinarello menggabungkan pelajaran dari sepeda "lama" mereka, Bolide HR, dengan peluang pengembangan terbaru. Hasilnya adalah sebuah sepeda yang lebih integrated, tipis (aero), sekaligus lebih kaku dan mampu mengakomodasi kebutuhan berbagai macam pembalap.

Bentuk paling menonjol ada pada bagian depan. Headtube-nya lebih menyatu dengan top tube dan fork/steerer. Menjadikan bagian hidung lebih kecil dan terkesan panjang.

Pinarello kembali menerapkan filsafat asimetris pada bagian buritan, menekankan bahwa bagian kanan dan kiri memiliki tuntutan yang berbeda. Lihat bottom bracket dan chainstay (plus seatstay) pada sepeda ini, terlihat sangat kokoh untuk mengoptimalkan power transfer dari otot kaki para pembalap.

Pengembangan besar lagi dilakukan pada bagian kokpit. Bentuk handlebar-nya dibuat se-ergonomis mungkin, mengutamakan kenyamanan saat dipegang. Sambil tetap membantu pembalap meraih posisi paling aerodinamis. Lihat bentuk "pegangan" yang meniru bentuk shifter pada road bike normal, itu memberi opsi posisi tubuh berbeda tapi tetap cepat membelah angin.

Pinarello MAAT ini dibuat dengan bahan karbon Jepang, Torayca T1100. Seperti yang mereka gunakan pada Dogma F10 dan F12. Dengan bahan itu, Pinarello mengklaim bobot frame hanya 1.350 gram.

Dengan dirilisnya senjata untuk Tim Inggris dan Italia, dalam beberapa bulan ke depan jangan heran kalau pabrikan lain ikut merilis sepeda track terbarunya. Dan tiba-tiba saja, velodrome di Tokyo 2020 nanti menjadi ajang pameran sepeda paling seksi! (mainsepeda)

 

Populer

Carlos Rodriguez Bungkus Gelar Juara Umum Tour de Romandie
Bike and Camp, Cara Unik Mumed CC Gelar Acara Halal Bihalal 
Kalender Event Mainsepeda 2024: East Java Journey Pertama, Bromo KOM X 18 Mei
Valtteri Bottas, Pembalap F1 Menuju Kejuaraan Dunia Gravel UCI
Kolom Sehat: Sisi Lain Bromo
Tour de Romandie 2024 Etape 4: Puasa Kemenangan Eks Juara Olimpiade Berakhir di Leysin
Jajal Rute Cirebon-Tasikmalaya Bareng Komunitas, Azrul Ananda Melintasi Tanjakan Kaki Gunung Ciremai
Bromo KOM X Kategori Women Elite: Chika Zerra Berambisi Pertahankan Gelar
Kolom Sehat: MVDP dan Nuntun Sopan di Koppenberg
Attack di 60 Km Akhir, Mathieu van der Poel Menang Fenomenal di Paris-Roubaix