Industri sepeda balap terus berinovasi. Tujuannya membuat bersepeda jadi nyaman tapi tidak mengurangi performa. Sebut saja, Trek punya Domane dan Madone yang menggunakan teknologi Isospeed. Specialized Roubaix juga punya teknologi Future Shock. Yaitu ada per di dalam as garpu depan. Semuanya berfungsi untuk meredam kontur jalan raya yang tidak rata.

Tetapi inovasi dari Redshift Sports ini lebih murah. Dibandingkan apabila harus beli sepeda baru yang bersuspensi khusus seperti Trek atau Specialized itu.

Trio Stephen Ahnert, Eric De Brun dan Scoot Poff berinovasi dengan Shockstop. Tahun 2016, mereka membuat stem yang dapat bergerak mengayun sehingga apabila kita melewati jalan tidak rata, maka stem yang akan meredamnya.

Bahkan stem yang tersedia dengan ukuran 90, 100, 110 dan 120 mm dapat dipasang mendongak sejauh 30 derajat. Untuk mengakomodasi sepeda MTB dan hybrid. Stem berbahan aluminium ini dapat ‘main’ naik turun sejauh 20 mm. Sangat cukup untuk meredam getaran jalan raya.

 

Penjualan Shockstop stem ini mendapat sambutan luar biasa. Mereka melanjutkan dengan berinovasi lagi. Kali ini, sistem yang sama untuk seatpost. Jadi di ujung atas seatpost yang memegang sadel terdapat sistem 4 link yang ditopang oleh per tertanam di dalam seatpost.

 

Kombinasi per dan sistem 4 link itu yang akan meredam setiap kontur jalan yang kita lewati. Ada beberapa pilihan tingkat kekerasan per. Semuanya disesuaikan dengan keinginan rider.

 

‘Suspensi’ mungil ini mempunyai travel 35 mm yang sangat cukup untuk meredam kontur jalan. Stephen mengklaim dengan menggunakan Shockstop seatpost ini dapat meredam getaran hingga 60 persen.

 

Dengan sepeda yang dapat meredam lebih baik, membuat tubuh kita lebih stabil sehingga kita bisa fokus bersepeda lebih cepat dan efisien.

 

Cara pasangnya juga tidak susah, hanya tinggal mengganti seatpost lama dengan Shockstop seatpost berbahan aluminium berbobot 497 gram ini. Lubang seatpost harus berdiameter 27.2 mm. Tapi, terdapat juga ring pengganjal apabila lubang seatpost lebih besar daripada 27.2 mm.

 

Soal harga, Stephen mematok USD 139 (Rp. 1,9 jutaan) untuk Shockstop seatpost. Harga yang sama untuk Shockstop stem. Mereka juga menjual dengan sistem paket seharga USD 249 (Rp. 3,4 jutaan) untuk Shockstop seatpost dan stem. (mainsepeda)

 

Foto-foto: Redshift Sport, Kickstarter. 


COMMENTS